Wali Kota kendari
Wali Kota Kendari, Asrun. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Diakhir masa jabatannya sebagai Walikota Kendari, Ir. Asrun, berusaha meuwujudkan salah satu rencana besarnya membangun terminal antar moda transportasi. Terminal itu rencananya dipusatkan di kawasan Bungkutoko, Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli.

Terminal antar moda ini akan menghubungan sejumlah jalur utama transportasi penumpang dari Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, menuju Lapulu. Demikian juga penumpang kapal asal Kota Bau-Bau dan Kabupaten Muna dapat dihubungkan ke Bandara Halu Oleo Kendari.

“Untuk percepatan pembangunannya pada tahun 2017 nanti. Tidak lama lagi insya Allah disetujui oleh kementrian,” tutur Ir. Asrun di ruang kerjanya, Jumat 09 September 2016.

Menurut walikota Kendari dua periode ini, pembangunan terminal antar moda nantinya akan dibangun menggunakan APBN 2017. Hal ini dikarenakan terminal antar moda itu menjadi penghubung antar kabupaten/kota di Sultra.

Pemerintah Kota Kendari juga mengusulkan ke Kementrian Perhubungan rencana pembangunan terminal kereta api. Kereta Api tersebut nantinya akan menghubungkan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

“Tapi itu kedepannya, karena saat ini kementrian sementara membangun rel kereta api dari Sulsel ke Sulbar,” pungkasnya.

Penulis : Kamarudin
Editor   : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...