Jemaah Calon Haji Asal Kota Kendari
Suasana pemberangkatan jemaah calon haji asal Kota Kendari, di Taman Kota, halaman Kantor Wali Kota Kendari, Senin 22 Agustus 2016. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Wali Kota Kendari, Asrun melepas keberangkatan 324 Jemaah Calon Haji Kota Kendari Tahun 1437 Hijriah atau 2016 Masehi.

Pelepasan itu dilakukan di Taman Kota Kendari, Senin 22 Agustus 2016, dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara, Moh Ali Irfan, serta perwakilan dari Kementerian Agama Kota Kendari.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Sultra, Moh Ali Irfan menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Wali Kota Kendari dan jajaran yang telah memfasilitasi pembinaan manasik kepada ratusan jemaah calon haji.

Dia megimbau kepada jemaah calon haji agar menyiapkan seluruh perlengkapan, termasuk sendal, sebab di tanah suci cuaca diperkirakan sangat panas yang bisa mencapai 39-45 derajat celsius. Sehingga untuk mengantisipasi tercecernya sendal saat beribadah, jemaah harus menyiapkan beberapa pasang sendal dalam tasnya.

“Dulu ada yang kehilangan sendal, akibatnya kaki melepuh, sendalnya tercecer dan memaksakan berjalan tanpa sendal. Sehingga kami imbau agar menyimpan persediaan sendal dalam tas, karena cuaca di sana bisa mencapai 45 derajat celsius. Kemudian perbanyak minum air zam-zam, jangan takut banyak buang air kecil,” imbuh Ali Irfan.

Selain itu, para jemaah calon haji diharapkan untuk meluruskan niat dalam melaksanakan ibadah haji, selalu berkoordinasi dengan pembimbing haji, ketua regu, ketua kelompok, dan petugas medis.

Kemudian, Ali Irfan juga berpesan, agar selalu menjaga kekompakan sesama jemaah calon haji agar nantinya setelah tiba di tanah air dapat mendapat haji mabrur.

Ali Irfan membeberkan, para jemaah calon haji diperkirakan akan tiba di tanah suci pada 30 Agustus dan kembali ke tanah air pada 9 Oktober 2016. Mereka terbang dengan kelompok terbang atau kloter 19 melalui embarkasi Makassar.

Di tempat yang sama, Wali Kota Kendari, Asrun, dalam sambutannya berpesan agar jemaah calon haji memelihara kekompakan, menjaga kesehatan, hindari kegitan yang tidak bermakna, sering berkoordinasi dengan petugas medis, dan jaga nama baik bangsa Indonesia.

“Selamat jalan, semoga dapat menunaikan ibadah haji sebaik-baiknya, semoga tetap dilindungi Allah SWT, dan dapat pulang dengan selamat ke tanah air,” kata orang nomor satu di Kota Kendari.

Asrun berjanji, Pemerintah Kota Kendari akan mengganti seluruh biaya pengeluaran para jemaah calon haji selama berada di Makassar. Biaya itu akan diserahkan setelah para jemaah pulang dari tanah suci. Mengenai jumlah yang akan diberikan, Asrun belum bisa menyebutkan, namun anggaran yang disediakan akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.

Penulis: La Ode Kasman
EditorĀ  : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...