Asrun serahkan bantuan mesin kepada kelompok tani di baruga
Wali Kota Kendari, Asrun, menyerahkan 13 unit alat dan mesin padi kepada kelompok tani di Kelurahan Baruga dan Labibia, Rabu 5 Oktober 2016. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Wali Kota Kendari, Asrun, menyerahkan 13 unit alat dan mesinĀ  padi kepada kelompok tani di Kelurahan Baruga dan Labibia, Rabu 5 Oktober 2016. Kelurahan Baruga dan Kelurahan Labibia memiliki lahan persawahan seluas 850 hektare.

Penyerahan bantuan alsin yang dirangkaikan dengan panen raya padi sawah dilaksanakan di lokasi persawahan Amohalo, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Disela panen raya Asrun menyempatkan diri mendengar keluhan para petani. Seperti, jalan yang belum teraspal, sertifikat lahan pertanian dan kesulitan mendapatkan tambahan modal untuk meningkatkan produksi padi.

Mendengar keluhan itu, Asrun berjanji segera mengalokasikan anggaran pengaspalan jalan tahun 2017. Ia juga mengakui pentingnya perbaikan jalan untuk efektivitas pemasaran hasil produksi pertanian.

“Tahun depan ini Insya Allah kita sudah aspal jalannya. Kemudian masalah sertifikat tanah dan permodalan kita akan coba fasilitasi,” ujar Asrun.

Kedepan Pemkot Kendari akan menyalurkan batuan berupa mesin penggilingan padi untuk meningkatkan kualitas hasil produksi padi para petani.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari, Zainal Arifin mengungkapkan, bantuan 13 unit alat mesin tersebut berasal dari Kementerian Pertanian.

Dari luas lahan 850 ha sawah di Kota Kendari, ditargetkan mampu memproduksi padi sebanyak 5.100 ton per tahun atau 6 ton per hektar. Namun dengan kendala kekeringan dan serangan hama produktivitas padi menurun.

“Masa tanam sebelumnya sebesar 6,0 ton per ha, tahun ini diperkirakan menurun menjadi hanya 5,5 ton per ha. Sebab, musim tanam April sampai September 2016 yang produksi hanya seluas 750 ha,” tuntasnya.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...