usman rianse
Rektor Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari, Profesor Usman Rianse. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Profesor Usman Rianse mengatakan, jabatannya bisa saja diperpanjang jika hingga pada akhir masa jabatannya belum melahirkan rektor terpilih. Jabatan Prof Usman sebagai rektor akan barakhir pada 23 November 2016.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Expo Program Studi Lingkup Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Rabu 12 Oktober 2016.

BACA JUGA: Peksiminas UHO Dibuka Malam Ini, 32 Provinsi Siap Bertanding

“Mungkin ini sambutan saya terakhir dalam expo karena tahun depan saya tidak lagi menjabat rektor UHO, tapi berdasarkan peraturan Kemenristekdikti Nomor 1 Tahun 2015, jabatan saya bisa saja diperpanjang maksimum satu tahun apa bila hingga akhir jabatan saya belum ada rektor terpilih,” ujarnya sambil tersenyum.

Dengan dasar peraturan Kemenristekdikti, sambung Prof Usman, dirinya masih memiliki kesempatan untuk kembali membuka Expo Program Studi Lingkup UHO Kendari tahun depan.

Dalam Peraturan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 yang tertuang dalam pasal 12 menyatakan, apabila masa jabatan Rektor/Ketua/Direktur berakhir dan Rektor/Ketua/Direktur belum dilantik, Menteri menetapkan perpanjangan masa jabatan Rektor/Ketua/Direktur paling lama satu tahun.

Sementara Ketua Panitia Pilrek UHO Kendari, Profesor Hilaluddin Hanafi mengatakan, hinggi kini pihaknya sedang berada di Jakarta menunggu verifikasi Kemenristekdikti atas masalah yang selama ini muncul ke publik.

“Mengenai kapan pelaksanaan pilrek, kita tunggu hasil verifikasi Biro Hukum dan Biro SDM Kemenristekdikti. Saya terus melakukan komunikasi dengan dua biro itu,” terang Prof Hilal melalui telepon selulernya.

BACA JUGA: Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Buka Expo Prodi UHO Kendari

Sementara, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat UHO Kendari, Maulid mengatakan, hingga kini pihak UHO masih menunggu jadwal permanen yang diberikan Kemenristekdikti untuk pelaksanaan pilrek.

“Masih menunggu keputusan menteri, tapi diupayakan pelantikan rektor terpilih berlangsung sebelum masa jabatan pak rektor berakhir,” terang Maulid.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...