Kecelakaan Kerja di Morosi
Terbaring lemah, salah satu Tenaga Kerja Asing korban kecelakaan kerja di PT Virtue Dragon Nikel Industrie pada Senin 8 Agustus 2016. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Kantor BPJS Ketenagakerjaan pusat mengimbau agar pimpinan perusahaan mendaftarkan Tenaga Kerja Asing menjadi peserta BPJS sebagai bentuk perlindungan.

Direktur BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menyayangkan tindakan perusahaan yang tidak mendaftarkan TKA.

“Iya harapannya mereka bisa menjadi peserta. Karena aturan ketenagakerjaan saat ini TKA dan tenaga kerja kita juga wajib terdaftar menjadi peserta BPJS,” kata Agus, Rabu 07 Desember 2017.

Tidak dapat dipungkiri jika terdapat fenomena TKA meninggal karena kecelakaan kerja. Umumnya TKA yang menjadi korban kecelakaan kerja hanya dipulangkan ke negara asalnya. Agus mengakui fenomena tersebut memang menjadi masalah.

“Kita upayakan TKA masuk menjadi peserta BPJS. Karena aturannya wajib kalau TKA juga harus masuk menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan,” jelasnya.

TKA yang akan dimasukan menjadi peserta BPJS adalah mereka yang sudah mencapai enam bulan kerja.

Terkait dugaan adanya TKA yang menggunakan visa kunjungan, Agus menyebut itu sebagai persoalan administrasi yang perlu dibicarakan dengan pihak terkait.

“Hal ini adalah persoalan administrasi. Maka kita akan bicarakan dengan instansi terkait,” pungkasnya.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...