Tina Nur Alam Dekranasda
Hj Tina Nur Alam selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tenggara melantik Ketua Dekranasda dan Bunda Pendidikan Usia Dini (PAUD) Kabupaten Muna,Yanti Setiawati, periode 2016 sampai 2021, Kamis 3 November 2016. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com– Hj Tina Nur Alam selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tenggara menitip pesan saat melantik Ketua Dekranasda dan Bunda Pendidikan Usia Dini (PAUD) Kabupaten Muna,Yanti Setiawati , periode 2016 sampai 2021, Kamis 3 November 2016, bahwa kerajinan adalah produk keterampilan dan kreativitas masyarakat di Sultra.

Sebagian dikerjakan dengan menggunakan tangan, termasuk kebudayaannya dan hal itu dapat dikembangkan sebagai industri kerajinan untuk meningkatkan kesejahteraan serta memelihara, melestarikan dan mengembangkan seni budaya bangsa.

Tina Nur Alam yang saat ini menjadi salah satu anggota DPR RI Fraksi PAN Komisi IX mengatakan organisasi Dekranasda merupakan mitra kerja pemerintah daerah dalam upaya melestarikan warisan budaya bangsa dan mengembangkan kegiatan perekonomian daerah, dengan sasaran yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Tina Nur Alam: Pengurus PKK Semua Tingkatan Harus Bersinergi

“Apalagi, Dekranasda sebagai wadah pelaku bisnis yang sebagian besar anggotanya merupakan kelompok usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM ini tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Ketua Dekranasda Sulawesi Tenggara sempat menyinggung masyakarat ekonomi ASEAN atau pasar bebas ASEAN mulai berlaku. Bila ingin tetap bisa bersaing, para pengrajin khususnya di Kabupaten Muna dapat memamfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahaun dan teknologi.

Pemanfaatan teknologi industry tujuannya yaitu agar pelaku UMKM siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) para pengerajin atau usaha lainnya harus berbenah mulai saat ini. Dekranasda harus dapat
melaksanakan fungsinya dengan baik, yaitu sebagai wadah pembinaan produk kerajinan daerah, pembinaan dan pengembangan anggota Dekranasda, serta turut serta mensukseskan pembangunan daerah.

Dengan berfungsinya Dekranasda secara optimal maka Dekranasda dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa.

Soal Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang
diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

“Amanah dan tanggungjawab sebagai Bunda PAUD Kabupaten Muna usai dilantik sangatlah berat namun jika kita iklas bekerja dan menjalankan program kerja yang relevan dengan kondisi daerah maka semuanya akan menjadi muda,” ungkapnya.

Penulis: Suwarjono

Facebook Comments
loading...