Ali Mazi
Ali Mazi dan Anak Lorong. (KABARKENDARI/Pandi)

Kabarkendari.com – Barometer Suara Indonesia kembali merilis hasil survei tingkat keterpilihan calon Gubernur Sulawesi Tenggara. Hasil survei menempatkan Ali Mazi diposisi teratas. Sementara Tina Nur Alam berada diposisi terbawah.

Direktur Eksekutif BSI Baso Affandi mengatakan hasil surveinya ini valid dan tidak bisa diragukan secara ilmiah. Dia menyebut, pengumpulan data survei ini dilakukan sejak 7 Oktober 2016 sampai 10 Oktober 2016 dengan teknik sampling, Multistage Random Sampling.

“Jumlah responden awal pada survei ini adalah 440 responden dengan melalui wawancara tatap muka. Responden menggunakan kuisioner dan margin of error sebesar kurang lebih 4,8 persen,” kata Baso, Selasa 18 Oktober 2016.

BACA JUGA: Ambisi Ali Mazi di Suksesi Pilgub Sultra

Survei BSI menempatkan mantan Gubernur Sultra Ali Mazi di peringkat teratas dengan tingkat keterpilihan 27,7 persen. Menyusul Wali Kota Kendari Asrun dengan tingkat keterpilihan sebanyak 17,5 persen.

La Ode Ida berada di peringkat ketiga dengan 7,0 persen. Di bawahnya ada Ridwan Bae sebanyak 5,5 persen. Selanjutnya, Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud dengan angka 5,2 persen.

Setelah itu, Lukman Abunawas sebanyak 5,0 persen, Hugua sebanyak 3,4 persen. Mantan Bupati Konawe Selatan Imran hanya memiliki keterpilihan sebanyak 0,7 persen dan Tina Nur Alam sebanyak 0,7 persen.

Sedangkan warga yang masih merahasiakan pilihannya sebanyak 18,0 persen dan yang tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 9,3 persen.

Tingkat keterpilihan calon, masih bisa berubah karena rentan waktu Pilgub masih cukup lama. Dimungkinkan, tingkat keterpilihan calon bisa meningkat seiring dengan kampanye atau sosialisasi di masyarakat.

Ali Mazi memiliki elektabilitas tertinggi karena sebagian masyarakat Kota Kendari menganggapnya sebagai tokoh karena pernah menjadi Gubernur Sultra.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
Editor : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...