deklarasi derik suri
Derik-Suri menuju ke KPUD Kendari usai deklarasi di MTQ Square. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Suri Syahriah Mahmud merupakan satu-satunya perempuan yang ikut bertarung pada Pilwali Kendari 2017. Istri Ketua Demokrat Sultra Muh Endang SA ini menjadi kosong dua dari Muhammad Zayat Kaimoeddin.

Anggota DPRD Kota Kendari ini rela melepas posisinya di parlemen menuju kursi wakil wali kota untuk sebuah tekad yang kuat. Pastinya, sebagai perempuan, ia bertekad memperjuangkan hak-hak dan kepentingan kaum hawa jika terpilih nanti.

“Saya sangat bersemangat untuk memperjuangkan hak gender meskipun saya difitnah kiri kanan, tapi saya tetap semangat memperjuangkan kepentingan kaum perempuan,” terang Suri Syahriah Mahmud kepada kabarkendari.com, belum lama ini.

Suri mengaku, motivasinya maju di Pilwali Kendari salah satunya adalah ingin menjadi wakil kaum perempuan di eksekutif.

“Dengan adanya saya keterwakilan perempuan, maka perempuan lain tidak lagi minder atau malu untuk maju,” terang Suri Syahriah Mahmud kepada Kabarkendari.com belum lama ini.

Selama ini, kata dia, perempuan dianggap orang kedua dari pada laki-laki. Bahkan, posisinya hanya menjadi obyek.

Di Pemilihan Legislatif 2014, Suri maju di Dapil Kendari I Kecamatan Kendari dan Kendari Barat. Mayoritas, kata dia, suaranya dari kaum perempuan.

 BACA JUGA:Derik Bicara soal Banjir dan Pendidikan Anak Jalanan

“Pendekatan terhadap kaum perempuan itu sederhana. Beda naluri perempuan dengan laki-laki. Mereka cepat terketuk hatinya. Makanya, kalau Ina Ina pasti kenal saya di sana. Suara saya tiga ribuan kebanyakan dari perempuan,” paparnya.

Suri mengaku memiliki program pemberdayaan terhadap kaum perempuan. Utamanya, mendukung usaha kecil rumah tangga.

“Ibu rumah tangga yang tidak punya pekerjaan akan kita dukung dengan bantuan keterampilan seperti menjahit, salon dan memasak. Hal ini bisa menjadi mata pencaharian mereka,” jelasnya.

“Bagi kelompok pengajian majelis taklim akan diberikan semacam reward setiap tahun ada 20 orang untuk diberangkatkan naik haji. Saya optimis bisa mendulang suara dari kaum perempuan,” tutup wakil Muhammad Zayat Kaimoeddin ini.

Sepanjang sejarah, Suri tercatat sebagai perempuan pertama yang ikut meramaikan bursa pemilihan wali kota dan wali kota Kendari secara langsung.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...