Nawacita Jokowi
Penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara Polda Sultra, BPD Sultra, dan PT Sidomuncul Kamis 29 September 2016. (KABARKENDARI/Egi)

Kabarkendari.com – Dalam rangka mewujudkan nawacita Presiden RI Joko Widodo bidang pertanian, Kepolisian Daerah (Polda) Sultra bekerja sama dengan Bank Sultra dan PT Sidomuncul dalam pengembangan potensi pertanian di daerah ini demi peningkatan kesejahteraan petani.

Kerja sama tersebut tertuang dalam bentuk nota kesepahaman atau Momerandum of Understanding (MoU) yang ditandatangi ketiga institusi itu, di Mapolda Sultra, Kamis 29 September 2016.

Kapolda Sultra, Brigadir Jenderal Polisi Agung Sabar Santoso, menyampaikan, kerja sama yang dibangun dapat diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi petani. Misalnya, pelatihan tentang pengelolaan pertanian berkelanjutan.

Program ini berawal dari perjalanan studi banding Kapolda Sultra di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Menurut Kapolda, pemerintah Kabupaten Sidoarjo memberikan perhatian serius terhadap sektor pertanian karena menjadi salah satu penopang keberhasilan pengentasan kemiskinan.

Saat ini, Sidoarjo sedang menggalakan program Upsus Swasembada Pangan.

Program tersebut, kata dia, didukung dengan penyediaan bantuan alat mesin pertanian dan peningkatan kapasitas petani. Tentunya, muaranya adalah peningkatan produksi dan kualitas hasil pertanian demi tercapainya kesejahteraan petani.

“Di Sultra, banyak potensi pertanian yang bisa kita kembangkan. Potensi-potensi itu tersebar di seluruh wilayah Sultra. Karena itu, untuk membantu menyukseskan program pemerintah, kepolisian akan memberikanandil dalam pengelolaah sumber daya pertanian ini,” jelas Agung.

Jenderal bintang satu ini mengatakan, Polda Sultra akan mempersiapkan anggotanya dari bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) untuk dijadikan percontohan dalam memberikan edukasi terhadap para petani di masing-masing Polres.

Sementara itu, Direktur PT Sidomuncul Dr Ir H Dian Risdianto, sangat menyambut baik inisiatif Polda Sultra dalam membantu pengembangan pertanian di Sultra. PT Sidomuncul, kata dia, siap menyuplai pupuk untuk mendukung program ini.

“Kami punya pupuk yang biasa digunakan dalam budidaya singkong gajah untuk menjadi tepuk mocaf. Dari sini kami akan menyuplai pupuk guna menunjang keberhasilan program ini,” ucapnya.

Penulis : Kamarudin
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...