Padang Savana di Bombana tempat PT Panca Logam
Padang Savana di Bombana tempat PT Panca Logam Beroperasi. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Kabarkendari.com – Kejati Sulawesi Tenggara memeriksa sejumlah pejabat lingkup pemeritah provinsi Sulawesi Tenggara dan lingkup pemerintah Kabupaten Bombana, berkait kasus dugaan penipuan penggelapan produksi emas di perusahaan tambang emas PT Panca Logam Makmur atau PLM.

Mereka adalah Kepala Dinas ESDM Sulawesi Tenggara Burhanudin, Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan, Cecep Trisnajayadi yang juga mantan Kepala Dinas ESDM Kabupaten Bombana dan Kepala Seksi di Dinas ESDM Kabupaten Bombana, Yusuf Lara. Selain itu, jaksa juga memeriksa mantan Kepala Dinas ESDM Kabupaten Bombana, Anasrullah,

Menurut Humas Kejati Sulawesi Tenggara Janes Mamankei, dalam kasus ini penyidik kejaksaan juga sudah memeriksa tiga saksi lain yakni staf keuangan di PT PLM yang tidak disebutkan namanya.

Para saksi ini, kata Janes, diperiksa untuk menelusuri modus kasus pemalsuan data hasil produksi emas yang diduga dilakukan oleh PT PLM sejak tahun 2010 hingga 2011.

“Penyelidikan sudah dilakukan sejak sepekan terakhir,” kata Janes, Jumat 12 Agustus 2016.

Menurutnya, kejaksaan juga akan memeriksa pimpinan PT PLM tahun 2010 hingga 2011 bernama Tomi Jingga.

“Masih dalam tahap penyelidikan. Belum ada yang ditetapkan tersangka dalam kasus ini. Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang yang mengetahui kasus ini,” terang Janes.

Dijelaskan Janes, modus kasus ini yakni perubahan laporan hasil produksi. Yang seharusnya 15 ton ore emas per tahun malah diubah menjadi 10 ton ore emas per tahun. Dugaan kerugian mencapai Rp 9 miliar dalam kasus ini. Namun penyidik belum menemukan siapa penikmat uang sebanyak itu.

“Belum  ada laporan masih dalam tahap pemeriksaan. Kita masih dalami siapa yang terlibat dalam kasus ini. Yang pasti kasus ini dilakukan oleh PT PLM selaku pihak yang seharusnya melaporkan hasil produksinya ke Pemda Bombana,” jelasnya.

Pemeriksaan ini dalam rangka proses penyelidikan kasus penipuan dan penggelapan produksi emas yang dilakukan oleh perusahaan PT Panca Logam Makmur di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Hal ini juga merupakan pintu masuk kejaksaan untuk menelusuri pembayaran royalty PT PLM kepada pemerintah.

Penulis : Egi
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...