24 Siswa SMPN 15 Kendari Keracunan Obat
Seorang Dokter RSUD Bahteramas sedang memberi perawatan medis kepada siswa SMPN 15 Kendari yang keracunan obat vitamin penambah darah. Puluhan siswa SMPN 15 Kendari dirawat di Rumah Sakit Bahteramas setelah mengalami keracunan vitamin penambah darah, 5 Agustus 2016. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – 24 orang siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Kendari, yang terletak di KelurahanĀ Mokoau, Kecamatan Kambu mengalami keracunan obat vitamin penambah darah yang diberikan Puskesmas Mokoau kemarin, 5 Agustus 2106 sekitar pukul 11.00 Wita.

Kepala Puskesmas Mokoau, Dedi Irwansyah, menjelaskan bahwa sebenarnya pemberian obat vitamin tersebut sudah sesuai standar opersional kerja. Namun banyaknya siswa yang akan diberi vitamin membuat pegawai Puskesmas Mokoau sulit memisahkan antara murid yang sudah dan yang belum makan.

“Jadi bercampur semua. Sebelum kita beri obat kan kita tanya juga apakah sudah makan atau sarapan sebelum ke sekolah. Nah ada yang jawab belum ada juga yang tidak. Tapi ini siswa yang belum makan malah gabung juga jadi akibatnya mual.” Kata Dedi.

Menurutnya obat tersebut bertujuan menambah zat besi untuk wanita haid atau usia subur. Para anak-anak tersebut sudah masuk kategori usia subur maka diberikan obat vitamin itu. Namun kurangnya pengawasan dari pihak Puskesmas dan guru SMPN 15 Kendari sehingga siswa yang belum makan turut diberi obat vitamin tersebut sehingga mereka mengalami mual dan muntah-muntah.

“Iya memang mereka-mereka itu yang masuk kategori usia subur. Makanya diberikan vitamin penambah darah. Hanya saja karena belum makan sehingga asam lambungnya naik dan muntah-muntah,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga katanya sudah sering dilakukan oleh Puskesmas Mokoau, untuk di SMPN 15 Kendari ini sudah yang ke empat kalinya. Kejadian seperti ini juga baru dialaminya. Sehingga menurutnya, kejadian keracunan siswa ini hanya disebabkan kurangnya pengawasan dari pegawai Puskesmas Mokoau. “Ini sudah ke empat kali. Dan baru juga terjadi seperti ini. Memang itu saja penyebabnya karena belum makan,” paparnya.

Penulis : Egi

Facebook Comments
loading...