Imran BPJS Kendari
Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kendari. (IST)

Kabarkendari.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan menyarankan kepada setiap orang tua anak untuk segera mengurus kartu BPJS bagi anak. Bila ingin mendapatkan layanan BPJS setiap anggota keluarga wajib memiliki kartu BPJS, tidak terkecuali bayi.

Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kendari, Imran mengatakan, BPJS berlaku untuk setiap orang . Karena bila ada anggota keluarga yang sakit, maka harus menggunakan kartu sendiri.

Pernyataan ini disampaikan Imran sehubungan adanya keluhan seorang warga yang hendak mengobati anaknya di rumah sakit. Namun bayinya tidak mendapat layanan karena belum terdaftar dalam kartu BPJS. Meskipun ibu dari bayi tersebut memiliki kartu BPJS.

“Jangankan sudah lahir, sebelum lahir pun sudah harus diuruskan. Misalnya, dalam kandungan enam bulan sudah ada detak jantung sudah bisa didaftarkan. Tetapi, dia belum bayar iuran. Nanti, setelah lahir baru dibayarkan,” jelas Imran.

Menurutnya, pengurusan BPJS anak sebelum lahir untuk menghindari proses persalinan yang tidak normal.

“Kalau normal tidak masalah. Kalau dioperasi anaknya bisa diinkubator dan pasti membutuhkan biaya besar. Dan itu tidak ditanggung BPJS sebelum memiliki kartu. Tapi bila sudah didaftarkan sebelum lahir, begitu lahir dan gunakan biaya maka sudah ditanggung BPJS. Ini antisipasi saja,” katanya.

Bagi bayi yang masih dalam kandungan dan belum memiliki nama, maka bisa menggunakan nama bayi si A. Nanti setelah lahir, maka segera dibuatkan kartu BPJS. Imran mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi di seluruh lapisan masyarakat terkait hal ini.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...