rasak haris andi surahman
Pasangan calon Wali Kota Abdul Rasak-Haris Andi Surahman yang akan bertarung di Pilwali Kendari 2017. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merilis Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) calon kontestan Pemilihan Kepala Daerah. Di Sulawesi Tenggara, dari 38 bakal calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang mendaftar, baru separuh atau 19 nama yang diumumkan harta kekayaannya oleh KPK, sebagian lainnya masih dalam proses.

Seperti dikutip dari situs resmi KPK, dari 19 nama bakal calon kepala daerah ataupun wakil kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2017 di Sultra, balon bupati Buton Tengah, Samahuddin, memiliki harta kekayaan paling banyak, mencapai angka Rp 22 miliar, menyusul balon bupati Bombana H Tafdil sebanyak Rp 9,8 miliar,

Kemudian di posisi ketiga, balon Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar memiliki kekayaan sebesar Rp 7,2 miliar. Sedangkan wakilnya, H Abbas menduduki urutan keempat dengan nilai kekayaan Rp 7,1 miliar.

Sedangkan yang paling sedikit harta kekayaannya adalah balon Wakil Bupati Buton Farid Bachmid sebesar Rp 308 juta. Namun, Farid Bachmid yang berpasangan dengan H Hamin ditolak berkasnya oleh KPU saat pendaftaran karena dianggap tidak memenuhi syarat dukungan. Versi KPU Buton, paket H Hamin-Farid Bachmid yang diusung beberapa parpol hanya mengantongi dukungan sah 16 persen.

Setelah Farid Bachmid, bakal calon yang memiliki harta kekayaan paling sedikit selanjunya adalah balon Wali Kota Kendari Abdul Rasak sebesar Rp 913 juta (selengkapnya lihat tabel).

Sebelumnya, KPU telah mengingatkan kepada seluruh bakal pasangan calon yang maju di Pilkada serentak 2017 untuk melaporkan harta kekayaannya di KPK. Jumlah kekayaan mereka ini akan menjadi syarat calon.

β€œIni wajib dipenuhi oleh seluruh calon pada saat mendaftar di KPU,” ungkap anggota KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib beberapa waktu lalu.

Selain jadi syarat calon, LHKPN ini akan menjadi tolok ukur bagi KPK untuk menghitung perkembangan kekayaan kandidat setelah memimpin daerah nantinya.

Daftar Harta Kekayaan Balon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah di Sultra

Daerah Nama Status Total Kekayaan
Buton Tengah Samahuddin Balon Bupati Rp 22 miliar
Muh Saleh Ganiru Balon Wakil Bupati Rp 2,7 miliar
La Ntau Balon Wakil Bupati Rp 3,6 miliar
Abdul Mansur Amila Balon Bupati Rp 1,7 miliar
Bombana Johan Salim Balon Wakil Bupati Rp 3,2 miliar
H.Tafdil Balon Bupati Rp 9,8 miliar
Buton Farid Bachmid Balon Wakil Bupati Rp 308 juta
Buton Selatan Agus Faisal Balon Bupati Rp 2,3 miliar
La Ode Arusani Balon Wakil Bupati Rp 3,9 miliar
Muhammad Faisal Balon Bupati Rp 6,5 miliar
Wa Ode Hasniawati Balon Wakil Bupati Rp 4,04 miliar
Kolaka Utara Abbas Balon Wakil Bupati Rp 7,1 miliar
Anton Balon Bupati Rp 3,9 miliar
Bobby Alimuddin Balon Bupati Rp 1,1 miliar
Haidirman Sarira Balon Wakil Bupati Rp 2.9 miliar
Maksum Ramli Balon Wakil Bupati Rp 2,05 miliar
Nur Rahman Umar Balon Bupati Rp7,2 miliar
Muna Barat LM Ihsan Taufik Balon Bupati Rp 2,1 miliar
Kendari Abdul Rasak Balon Wali Kota Rp 913 juta

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumadin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...