Rumah Pintar Pemilu
Peresmian rumah pintar pemilu oleh Ketua KPU Sultra Hidayatullah didampingi komisioner lainnya dan pegawai sekretariat KPU Sultra, Senin 16 Januari 2017. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Komisi Pemilihan Umum Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, akan melakukan pemungutan suara ulang di TPS 02 Desa Inulu Kecamatan Mawasangka Timur. Pasalnya, proses pemilihan pada 15 Februari 2017 dinilai tidak prosedural.

Hal ini disebabkan karena Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Kecamatan Mawasangka Timur tidak menandatangani surat suara yang sudah dicoblos pemilih.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, saat ini Pengawas Pemilihan Kecamatan Mawasangka Timur sedang melakukan penelitian dan pemeriksaan berkait dengan tidak proseduralnya proses pemilihan.

“Pada pukul 09.30 Wita pemungutan suara dihentikan karena diketahui surat suara yang digunakan pemilih tidak ditanda tangani ketua KPPS. Penghentian ini atas permufakatan bersama pengawas TPS dengan saksi paslon sekaligus dituangkan dalam form C2,” ujar Dayat.

Sesuai ketentuan pasal 59 ayat 2 PKPU nomor 10 tahun 2015 tentang pemungutan suara ulang, bahwa salah satu penyebab PSU adalah tidak proseduralnya proses pemilihan.

“Surat suara itu harus ditanda tangani ketua KPPS untuk menandai bahwa surat suara sudah digunakan,” tandasnya.

Dayat menjelaskan, jika Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mawasangka Timur sudah mendapatkan hasil penelitian dan pemeriksaan panwascam, maka PPK akan menyampaikan ke KPU Buteng untuk dikeluarkan keputusan agar dilakukan PSU.

“Setelah KPPS 02 mendapatkan surat dari KPU Buteng maka paling lambat empat hari sudah harus dilakukan PSU,” terangnya.

Dayat menegaskan, Ketua KPPS 02 Desa Inulu dipastikan diganti sebelum PSU dilaksanakan. Di TPS tersebut, Daftar Pemilih Tetap berjumlah 264 orang.

“Warga telah menggunakan atau mencoblos sebanyak 114 surat suara tapi karena belum ditanda tangani maka harus gugur semua, harus PSU,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...