Rutan Kendari
Andy Gunawan, Kepala Rutan Kendari. (KABARKENDARI/Pandi)

Kabarkendari.com – Kondisi Rumah Tahanan Kelas II A Kendari kian memprihatinkan. Pasalnya, daya tampung Rutan tidak lagi sebanding dengan jumlah warga binaan atau narapidana alias over kapasitas.
Kepala Rumah Tahanan Kelas II A Kendari, Andy Gunawan, mengatakan total tahanan di Rutan sebanyak 490 orang. Dengan jumlah tersebut, tidak ideal dengan kondisi ruang tahanan.

“Pada dasarnya, kapasitas Rutan ini hanya 300 orang. Tapi, jumlahnya sudah mencapai 490 orang. Ini sudah over sebanyak 190 orang,” ungkap Andy usai upacara HUT RI ke-71 di Rutan Kendari, Rabu 17 Agustus 2016.

Untuk mensiasati kelebihan kapasitas ini, pihak Rutan membuat tempat tidur bertingkat. Bila dalam sebuah ruang tahanan semula hanya dihuni lima orang, maka dengan begitu bisa menampung sepuluh tahanan.

Dari total tahanan, sebanyak 80 orang merupakan terdakwa korupsi. Selain itu, sebanyak 30 persen dari total keseluruhan adalah terpidana kasus narkoba.

‚ÄúPara tahanan ini hanya dititipkan sementara di Rutan. Sebab, jika sudah selesai vonis kasus mereka, maka akan dilimpahkan ke Lembaga Permasyarakatan Kendari di Kecamatan Baruga. Jadi Rutan ini hanya persinggahan saja,” katanya.

Pada HUT RI ke-71 tahun ini, sebanyak 102 orang warga binaan Rutan mendapatkan remisi dan 16 orang di antaranya mendapatkan remisi bebas. Setelah upacara kemerdekaan ini, mereka yang mendapat remisi bebas, bisa langsung meninggalkan rutan.

Penulis: Pandi
Editor : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...