pelantikan rusman emba-malik ditu
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih, LM Rusma Emba-Malik Ditu. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Bupati Muna LM Rusman Emba menjamin tidak ada keretakan hubungan dengan wakilnya, Malik Ditu. Pasalnya, semangat keduanya sama-sama ikhlas mengabdi kepada masyarakat Muna.

“Insya Allah kalau semangat kita keikhlasan mengabdi kepada masyarakat, hubungan kami pasti akan terus harmonis dan tidak akan terjadi keretakan,” ujar Rusman, Jumat malam 2 September 2016.

Mantan Anggota DPD RI ini mengatakan, kini saatnya bagi dirinya dan Malik Ditu akan bahu-membahu membangun Muna. Rusman mengaku, akan selalu menjaga semangat kebersamaan sehingga harmonisasi akan menjadi warna dalam menyejahterakan masyarakat Muna.

“Jika semangat ingin menguasai segalanya tentu akan berkelahi. Saya kira proses perjalanan saya di politik sudah cukup panjang. Yang namanya semangat kebersamaan saya akan jaga. Harmonisasi kami dengan pak wakil itu akan menjadi warna dalam menyejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Mutasi pegawai akan menyesuaikannya dengan regulasi yang diatur dalam undang-undang. Saat ini sudah banyak jabatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD yang tinggalkan. Sehingga, dalam tiga bulan ini dirinya berasama wakilnya akan mencari pegawai yang mempunyai kompetensi dan profesionalisme untuk mengisi kekosongan itu.

Aspek-apek keterwakilan wilayah dalam birokrasi akan menjadi pertimbangan dalam mengangkat pejabat. Namun tentunya akan disesuaikan dengan kompetensi dan profesionalitas.

“Saya kira semangat pembangunan sebenarnya adalah bagaimana kita menyertakan seluruh kekuatan politik dalam rangka menciptakan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya.

Jika mengacu pada Undang-undang Aparat Sipil Negara atau ASN, diwajibakan untuk melakukan lelang jabatan. Tetapi jika mengacu pada peraturan pemerintah, masih diperbolehkan untuk melakukan penunjukan.

Penulis : La Ode Kasman
Editor   : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...