Padang Savana di Bombana tempat PT Panca Logam
Padang Savana di Bombana tempat PT Panca Logam Beroperasi. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Kabarkendari.com – Setelah resmi dilantik sebagai Penjabat atau Pj Bupati Bombana, Sitti Saleha menyadari banyak tugas pemerintahan dan tanggung jawab yang menantinya.

Beberapa target yang dianggapnya penting dan harus segera selesaikan diantaranya beberapa persoalan pertambangan, seperti PT Panca Logam Makmur atau PLM yang hingga kini belum melunasi tunggakan royalti sebesar Rp 8 miliar.

Khusus untuk penyelesaian masalah royalti yang belum dilunasi PT PLM, Saleha mengaku belum bisa mengambil keputusan apa-apa. Pasalnya, keputusan dan langkah yang diambil setelah melakukan rapat dan koordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Bombana.

“Tentunya kita harus lakukan koordinasi terlebih dahulu dengan forum pemerintahan yang ada di Bombana, kita harus melihat dulu seperti apa masalahnya,” ujar Saleha saat ditemui usai pelantikan, di Ruang Pola Bahteramas Sekretariat Provinsi Sultra, Rabu 31 Agustus 2016.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra ini mengatakan, amanah, tugas, dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya akan dijalankan bersama seluruh penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Bombana, baik legislatif, tokoh masyarakat maupun forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Bombana.

Menganai adanya beberapa permasalahan yang belum terselesaikan pada pemerintahan Tafdil-Masyura Ila Ladamay, Saleha mengatakan, semua tetap akan didudukkan dan dibahas bersama seluruh pihak-pihak terkait untuk menentukan langkah yang akan diselesaikan pada masa pemerintahannya.

Saat ditanya kemungkinan untuk melakukan mutasi pegawai, Kepala Dinas Pertambangan Sultra ini mengatakan, mutasi dilakukan apa bila tidak melanggar peraturan petundang-undangan yang ada.

Menurut Saleha, mutasi tidak akan dilakukan sepanjang tidak mengganggu jalannya pemerintahan.

“Kalau ada yang tidak loyal tentunya kita akan mengambil langkah-langkah mutasi, tapi sepanjang masih bisa diperbaiki tidak akan dilakukan. Dan kalau kita lakukan mutasi akan kita koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Suktra dan Kementerian Dalam Negeri,” tuntasnya.

Penulis : La Ode Kasman
EdotorĀ  : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...