PKM Unsultra
Kegiatan Pelatihan PKM di Unsultra. (IST)

Kabarkendari.com – Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Kendari, Profesor Andi Bahrun, terus berupaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di kampus milik Pemprov Sultra tersebut.

Setelah menggenjot kualitas dosen melalui program penelitian dan pengabdian masyarakat maupun publikasi internasional, Kali ini guru besar UHO Kendari ini mengayuh program kreativitas mahasiswa (PKM).

“Sekarang ini saya fokus sebagaimana mahasiswa bisa berprestasi di tingkat nasional. Target kita dalam PKM ini semua proposal yang diajukan bisa diterima di Kemristekdikti,” ujar Profesor Andi Bahrun.

Proposal PKM tidak hanya diterima Kemristekdikti, tetapi ada mahasiswa Unsultra yang lulus mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Sehingga perlu bimbingan yang baik.

“Seluruh mahasiswa yang lulus proposal dan berkualitas di seluruh Indonesia, nanti akan dikumpul dan akan dipertemukan dalam kegiatan ilmiah nasional. Mudah-mudahan jaket merah maron Unsultra bisa berkibar, Insya Allah,” harapnya.

BACA JUGA: Unsultra Buka Fakultas Baru

Profesor Andi Bahrun mengungkapkan, jenis-jenis kegiatan dalam proposal antara lain, PKM penelitian, PKM kewirausahaan, PKM gagasan karya tulis dan sebagainya. Dalam kegiatan ini dananya disediakan langsung Kemristekdikti, satu judul proposal yang lulus antara Rp 5-12,5 juta.

“Dalam satu proposal terdiri dari tiga sampai lima mahasiswa, karena memang mahasiswa dibina tidak hanya individual tapi nilai-nilai kebersamaan. Rencananya proposal yang akan dikirim sebanyak 15, semoga bisa diterima 20 persen,” katanya.

Masih kata Profesor Andi Bahrun, dirinya rela turun tangan langsung memeriksa dan memperbaiki proposal mahasiswa yang akan dikirim, meski sebenarnya bukan tugas rektor. Namun, demi untuk melihat mahasiswanya unjuk diri dalam karya ilmiah nasional ia pun rela turun tangan.

“Ikhtiar saya saya harus turun tangan bukan jabatan saya sebagai rektor tetapi karena pengalaman saya menjadi reviewer dan menulis proposal sehingga berbagi kepada mahasiswa. Sebenarnya ini bukan tugas rektor,” tuntasnya.

Penulis: La Ode Kasman
Editor : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...