penyakit aids di indonesia
Data pengidap AIDS di Indonesia Mei 2016. (KABARKENDARI/FB)

Kabarkendari.com – Jumlah Penderita HIV- AIDS di Sulawesi Tenggara kian mengkhawatirkan. Penyakit mematikan ini telah menjangkiti sebanyak 880 orang di Sultra pada 2016 ini.

Berdasarkan data yang dirilis Kementrian Kesehatan RI pada 18 Mei 2016, Penderita HIV sebanyak 535 orang sementara pengidap AIDS mencapai 345 orang. Jumlah itu menempatkan Provinsi Sultra berada di peringkat Sultra ke-27 dari 34 provinsi di Indonesia. Peringkat pertama masih ditempati Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah Penderita 40.500 penderita HIV dan 8.105 penderita AIDS.

BACA JUGA: Diduga Mengidap HIV, Perempuan Ini Dibuang Keluarganya

Urutan selanjutnya ditempati Provinsi Jawa Timur sebanyak 26.052 penderita HIV dan AIDS sebanyak 13.499 orang. Totalnya, 40.551 orang. Sementara diposisi terakhir ditempati Provinsi Sulawesi Barat dengan 79 orang penderita HIV dan 10 orang menderita AIDS.

Meningkatnya penderita HIV AIDS di Sultra dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Asrum Tombili. Menurutnya, masalah HIV AIDS ini ibarat fenomena gunung es.

“Memang, terjadi peningkatan yang luar biasa. Ini seiring dengan majunya suatu daerah. Peningkatannya, dua kali lipat dengan lima tahun belakangan,” ungkap Asrum Tombili, Kamis 6 September 2016.

Asrum mengklaim, pihaknya telah berusaha maksimal untuk menekan angka penyebaran HIV AIDS ini melalui penyuluhan dan kampanye.

“Kebanyakan, kasus disini akibat gonta ganti pasangan. Makanya, kita imbau agar masyarakat waspada dengan berhubungan seks secara bebas,” paparnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...