yandri susanto
Ketua DPP Partai Amanat Nasional Bidang Kaderisasi dan Organisasi, Yandri Susanto (kiri) bersama Walikota Kendari, Asrun. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari. com – Majunya Abdul Rasak di pentas Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari ditanggapi dingin oleh Ketua DPP Partai Amanat Nasional Bidang Kaderisasi dan Organisasi Yandri Susanto.

Menurut Yandri, DPP PAN telah memutuskan mendukung pasangan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain atau ADP di Pilwali Kendari. Untuk itu, mesin partai yang ada di Kendari khususnya kader legislatif dan jenjang pengurus dari kota sampai ranting wajib mengamankan keputusan DPP.

“Sehingga tidak boleh ada pihak yang membawa nama PAN selain ADP-SUL. Rasak tidak boleh bawa atribut PAN karena tidak dicalonkan secara resmi oleh PAN,” katanya saat mengantar pendaftaran ADP-SUL di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Rabu 21 September 2016.

Kalau pun Rasak maju dan harus berlawanan sesama kader PAN, Yandri mengaku harus menghormatinya. Sebab, Rasak memiliki hak politik dipilih dan memilih selama dia memiliki kecukupan dukungan Partai lain.

“Kalau parpol cukup, kita ucapkan selamat untuk bertarung secara sehat dan fair tidak saling menjatuhkan sesama kader PAN. Tapi mohon maaf, mesin partai digerakkan untuk ADP-SUL,” katanya.

Lantas ada sanksi pemecatan yang akan diberikan ke Rasak? Yandri mengaku belum berpikir sampai disitu.

“Kalau itu hak pribadi karena dia dicalonkan karena dia memiliki hak. Persoalan dikenakan sanksi, prosesnya kita tidak sampai di sana,” jelasnya.

Bagi kader PAN lainnya yang selama ini loyal terhadap Rasak ikut diminta agar tidak membawa atribut PAN, terlebih mengampanyekan diri untuk melawan ADP-SUL. Kalau pun ada, mereka akan dipecat.

“Kalau atas nama PAN dan katakan tidak dukung ADP akan dijatuhkan sanksi. Kalau persoalan cara dan tidak bawa nama partai itu bukan ranah kami lagi. Yang penting bawa nama pribadi dan itu sah saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Abdul Rasak, yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Kendari dari PAN akan turut bertarung pada Pilwali Kendari melalui partai lain, berpasangan dengan Haris Andi Surahman.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
EditorĀ  : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...