derik suri
Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Untuk sementara, dari tiga pasangan calon yang bertarung di Pemilihan Wali Kota Kendari 2017, pasangan Abdul Rasak-Haris Andi Surahman yang paling banyak harta kekayaannya.

Dikutip dari laman Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK tentang Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara atau (LHKPN), Sabtu 29 Oktober 2016, khusus Kota Kendari, tinggal LHKPN Sulkarnain yang sementara diproses di KPK.

Sedangkan lima calon wali kota maupun wakil, kekayaannya sudah diketahui jumlahnya.

Bila dijumlahkan, untuk sementara paslon yang paling kaya adalah pasangan Rasak-Haris. Rasak memiliki kekayaan sekitar Rp 913 juta. Sedangkan wakilnya, Haris memiliki total kekayaan sekitar Rp 8,4 miliar. Total kekayaan keduanya, sekitar Rp Rp 9,3 miliar.

Di peringkat kedua paslon dengan harta kekayaan terbanyak adalah Adriatma Dwi Putra. Putra Wali Kota Kendari ini, memiliki harta kekayaan sekitar Rp 3,5 miliar.

Kemungkinan besar, jumlah kekayaan pasangan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain akan bertambah, jika KPK sudah memproses jumlah kekayaan Sulkarnain.

Sedangkan paslon dengan harta kekayan paling sedikit adalah pasangan Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud. Meski digabungkan, harta kekayaan mereka tidak sampai menyaingi kekayaan ADP sendirian.

BACA JUGA: Zayat-Syahriah: Pilwali Kendari Bukan Pertarungan Uang

Bahkan, kekayaan pasangan ini ketika diakumulasi, tidak sampai Rp 1 miliar. Zayat sendiri, memiliki harta kekayaan sekitar Rp 504 juta ditambah $ 3.400. Sedangkan wakilnya, Suri Syahriah hanya memiliki kekayaan Rp 255 juta.

Bila ditotalkan, kekayaan keduanya hanya sekitar Rp 700 juta.

Pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kota Kendari 2017, sudah dipastikan akan diikuti oleh tiga paslon.

Adalah nomor urut 1 pasangan Abdul Rasak-Haris Andi Surahman, nomor urut 2 pasangan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain dan nomor urut 3 pasangan Mohammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud.

Pasangan Rasak-Haris, diusung oleh Partai Golkar dan Nasional Demokrat dengan total 7 kursi di DPRD Kota Kendari.

Pasangan ADP-SUL, diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gerindra dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan total 17 kursi.

Pasangan Derik-Suri, diusung oleh Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Hanura. Total kursi yang mereka kumpulkan sebanyak 11 kursi.

Berikut daftar jumlah kekayaan dari tiga pasangan calon di Pemilihan Wali Kota Kendari 2017.

Nomor Urut

Nama Paslon

Jumlah Kekayaan

Total

1

Abdul Rasak

Haris Andi Surahman

Rp 913.300.000

Rp 9,3 miliar

Rp 8.413.702.000

2

Adriatma Dwi Putra

Sulkarnain

Rp 3.543.572.739

Rp 3,5 miliar

Sementara diproses

3

Mohammad Zayat Kaimoeddin

Suri Syahriah Mahmud

Rp 504.481.887

Rp 700 juta

Rp 255.110.276

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...