TKBM Pangkalan Perahu
Suasana pemilihan Ketua Koperasi TKBM Pangkalan Perahu. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Putra Almarhum Yasin Idrus, Yusran, terpilih sebagai pimpinan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat atau TKBM Pangkalan Perahu dalam musyawarah mufakat yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kendari, 1 September 2016.

Dalam pemilihan yang berlangsung demokratis itu, Yusran berhasil mengumpulkan 101 suara, mengalahkan dua pesaingnya, yakni, Agus dan La Ode Zainal dengan perolehan suara masing-masing 2 dan 1 suara.

Dengan demikian, ibarat pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya, Yusran melanjutkan amanah dan tanggung jawab yang ditinggalkan oleh mendiang ayahnya, Yasin Idrus.

Mandor Acong, sapaan almarhum Yasin Idrus, adalah anggota DPRD Kota Kendari yang meninggal karena sakit beberapa bulan lalu. Selain meninggalkan jabatan pimpinan pada Koperasi TKBM di Pelabuhan Rakyat, Kecamatan Kendari, Yasin Idrus juga meninggalkan kursi parlemennya yang hingga kini masih kosong.

Kembali ke Koperasi TKBM tadi,
usai pemilihan, Yusran mengungkapkan, dengan terpilihnya sebagai ketua, ia siap melanjutkan kembali tugas dan tanggung jawab dalam mengelola koperasi TKBM tersebut.

Dia berharap, TKBM Pangkalan Perahu bisa menjadi wadah untuk para buruh yang menggantungkan hidupnya dalam aktivitas bongkar muat di pelabuhan. Katanya, ada beberapa program yang harus dituntaskan yakni soal kelayakan upah buruh pelabuhan di Kendari.

“Karena ity, saya mengimbau agar kawan-kawan yang menjadi anggota TKBM Pangkalan Perahu bisa solid kembali dalam menata organisasi ini demi kesejahteraan semua anggota. Saya akan memperbaiki dulu struktur organisasi TKBM Pangkalan Perahu Kendari agar yang tidak lagi menjadi anggota bisa digantikan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Yusran menegaskan, dengan adanya pemilihan secara musyawarah mufakat ini, tidak ada lagi perpecahan yang memicu muncuknya TKBM baru. Yusran menyadari, beberapa hari terakhir ini kepemimpinan ayahnya didesak untuk diganti. Beberapa anggota TKBM Pangkalan Perahu ingin juga menjadi pemimpin, maka dengan inisiatifnya maka dilakukan pemilihan.

“Kita tahu bersama bahwa tidak ada TKBM lain selain TKBM Pangkalan Perahu di Kelurahan Kendari, Kecamatan Kendari, makanya saya menghimbau agar kita bersama-sama menjaga solidaritas dan membesarkan organisasi TKBM Pangkalan Perahu,” pungkasnya.

Penulis : Kamarudin
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...