Kolaka Utara
Nampak anggota Polsek Ladongi dan anggota BPBD Kolaka Timur sedang berupaya melakukan perbaikan dan evakuasi rumah akibat dihantam angin puting beliung. (FOTO: Humas Polsek Ladongi)

Kabarkendari.com – Angin puting beliung menghantam sedikitnya 47 rumah dan satu sekolah di Sulawesi Tenggara (Sultra), tepatnya di Kolaka Timur, Sabtu 01 Oktober 2016 sekitar pukul 14.00 Wita. Rumah-rumah tersebut tersebar pada dua kelurahan Kecamatan Ladongi, yakni, Kelurahan Atula dan Kelurahan Welala.

Menurut catatan kepolisian setempat, dari 47 rumah sasaran puting beliung tersebut, lima rumah dan satu sekolah berada di Kelurahan Atula, sedangkan 41 rumah lainnya ada di Kelurahan Welala. Semua dalam kondisi rusak parah.

Kepala Kepolisian Sektor Ladongi, Inspektur Polisi Satu, Jamil, kepada kabarkendari.com melaporkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya saja, kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dalam kejadian ini.

BACA JUGA: Delapan Daerah di Sultra Berpotensi Hujan Lebat

Saat ini, kata Jamil, Pemerintah Kabupaten Koltim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, bersama Kepolisian dan beberapa unsure terkait lainnya masih sementara melakukan perbaikan dan membantu korban bencana alam tersebut.
Menurut Jamil, para korban hingga saat ini dievakuasi di tenda-tenda yang disiapkan Dinas Soaial Kabupaten Kolaka Timur. Bantuan seperti makanan dan minum serta pakaian sudah disalurkan.

Kepolisian dan BPBD, kata Jamil, juga sementara memperbaiki rumah-rumah warga agar bisa digunakan sementara awaktu menunggu bantuan finansial dari pemerintah.

Seperti diketahui, pada Sabtu kemarin, sejumlah wilayah di Sulawesi Tenggara diguyur hujan lebat. Namun, khusus di dua kelurahan Kecamatan Ladongi tersebut tidak terjadi hujan. Hanya saja, angin kencang memporak-porandakan puluhan rumah dan satu sekolah di kabupaten yang belum lama mekar itu.

Penulis : Kamarudin
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...