ADP
Adriatma Dwi Putra bersama Bupati Konawe, Kery Konggoasa, dalam sebuah acara. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra telah merekomendasikan nama Sukarman AK sebagai calon pengganti antarwaktu (PAW) anggota DPRD Sultra Adriatma Dwi Putra.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengaku, prosesnya sudah selesai di tingkat KPU. Sekarang, proses PAW ADP sudah ditangani oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sudah ajukan sejak 3 Oktober 2016 dan setelah Dewan meminta kita rekomendasi nama penggantinya adalah Sukarman AK,” ungkap Hidayatullah di ruang kerjanya, Senin 10 Oktober 2016.

Menurut dia, Sukarman adalah kader Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan suara terbanyak ketiga setelah ADP dengan perolehan di legislatif sebanyak 25.387 suara dan Abdurrahman Saleh sebanyak 12.1928 suara. Sukarman sendiri dipilih di Dapil Kota Kendari sebanyak 6.902 suara.

BACA JUGA: Jalan Mulus Syamsuddin Rahim Menjadi Sekretaris DPD PAN Kendari

“Sukarman juga tidak ada masalah. Dan ADP sendiri sudah mengajukan pengunduran diri. Sekarang, PAW PAN sudah selesai di kita, sekarang sudah diproses di Kemendagri berdasarkan tembusan dari Pemprov,” ungkapnya.

Dia mengaku, tidak tahu menahu kapan waktu selesainya proses PAW ADP. Pastinya, KPU telah memplenokan nama Sukarman dan merekomendasikan ke Sekretariat DPRD Sultra.

“Itu bukan lagi kewenangan kami. Sekarang, sudah diproses di Mendagri yang sebelumnya diusulkan oleh Gubernur Sultra,” tuturnya.

ADP mengundurkan diri dari DPRD Sultra sebagai konsekuensi dari pencalonannya maju di Pemilihan Wali Kota Kendari. Dalam aturan, anggota dewan harus mundur bila ingin maju di Pilkada.

Sebelumnya, ADP menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Sultra dan belakangan mundur dan jabatannya sebagai ketua komisi digantikan oleh Tahrir Tasruddin yang juga kader partai matahari terbit.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...