PT Semen Tonasa di Moramo didemo warga
Aksi demonstrasi warga Moramo di depan pabrik pengepakan PT Semen Tonasa Indonesia, Selasa 12 Oktober 2016. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Masyarakat Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, menggelar aksi demonstrasi menuntut realisasi Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan semen PT Semen Tonasa Indonesia di Kecamatan Moramo.

Aksi demonstrasi ini digelar di depan pabrik pengepakan PT Semen Tonasa Indonesia, Rabu 12 Oktober 2016. Menurut masyarakat, semenjak empat tahun melakukan aktivitas pengepakan semen, perusahaan belum pernah merealisasikan CSR-nya.

Karena itu, mereka mendesak perusahaan untuk melaksanakan kewajibannya tersebut. Massa mengancam, jika CSR tidak secepatnya dilaksanakan maka akan dilakukan penyegelan terhadap perusahaan.

Salah seorang perwakilan masyarakat, Jumadil menyatakan, banyak persoalan sosial kemasyarakatan yang mestinya dijawab melalui program CSR.

Misalnya, perbaikan sekolah-sekolah, pelebaran jalan, pengadaan lampu jalan, serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

“Empat tahun lalu, sebelum dibangun pabrik pengepakan PT Semen Tonasa Indonesia di Moramo ini, disepakati bahwa keperluan masyarakat akan direalisasikan terutama penerimaan tenaga kerja. Empat tahun lalu juga perusahaan ini berjanji akan memperbaiki sekolah di Moramo, pelebaran jalan, tapi tidak ada buktinya sampai saat ini,” kata Jumadil.

Dalam aksi ini, masyarakat ditemui oleh pihak perusahaan yakni pimpinan cabang bernama Alberto. Sayangnya, pria berkaca mata ini, juga tidak bisa memastikan realisai tuntutan masyarakat.

“Saya akan laporkan ke pusat. Saya tidak bisa menyimpulkan di sini. Saya mohon maaf saya tidak bisa pastikan seperti apa keputusan pimpinan pusat,” katanya.

Penulis: Kamarudin
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...