Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat UHO. (INT)

Kabarkendari.com – Tanda Tanya perihal ditundanya Pemilihan Rektor Universitas Halu Oleo Kendari oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Kemenristekdikti mulai terjawab. Salah seorang calon rektor, Prof La Rianda, mengaku sebagai salah seorang yang melaporkan adanya indikasi kecurangan Pilrek UHO ke kementrian.

Hal ini diungkapkan La Rianda melalui sambungan telepon kepada Kabarkendari.com, Minggu 11 September 2016 malam. Menurut Prof La Rianda, dari awal proses Pilrek UHO 2016 sebenarnya banyak persoalan. Salah satunya adalah munculnya sikap kolusi dan nepotisme dari Rektor UHO, Prof. Usman Rianse, kepada salah satu calon rektor bernama Dr. Zamrun.

“Munculnya komentar pak rektor di surat kabar bahwa mendukung saudara Dr. Zamrun ini pelanggaran. Ada lagi surat pernyataan bermaterai enam ribu terkait dukungan pak rektor kepada Dr. Zamrun ini juga pelanggaran. Dan ini sudah mencederai tatanan demokrasi dan citra pendidikan di UHO,” kata La Rianda dengan nada tinggi.

Dengan persoalan ini kata La Rianda sebenarnya pernah dilaporkannya kepada Inspektorat UHO selaku pengawas dalam pilrek tersebut. Hasilnya, inspektorat menegaskan bahwa tindakan nepotisme dari rektor Prof Usman Rianse merupakan pelanggaran keras yang harusnya tidak dilakukan oleh pejabat kampus. Namun La Rianda merasa bingung karena panitia tetap melanjutkan pemilihan.

“Saya heran sama ketua panitia pemilihan. Adanya surat inspektorat soal pelanggaran pilrek malah dikesampingkan dan tetap dilanjutkan. Makanya pada saat pemilihan saya tidak menanda tangani surat hasil pemilihan. Saya berangkat ke Jakarta dan saya yang laporkan persoalan ini di kementrian. Ini jelas pelanggaran dan tidak boleh didiamkan,” katanya.

La Rianda sendiri mengatakan merasa iklas dengan perolehan suara sebanyak 12 dari 117 hak suara pilrek UHO 2016. Namun bukan persoalan jumlah suara atau menang kalah yang dipersoalkannya. Prof La Rianda berharap Rektor UHO Prof. Usman Rianse bersama seluruh civitas akadeik di UHO bisa memberikan pelajaran, tetang pentingnya berdemokrasi yang baik.

Penulis: kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...