Ketua DPW PPP Sultra, Rasyid Syawal
Ketua DPW PPP Sultra, Rasyid Syawal.(KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merasa optimis pasangan calon Hamin-Farid Bachmid bisa ikut di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Buton.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah atau DPW PPP Sultra Rasyid Syawal mengatakan, partainya masih tetap komitmen dengan keputusan awal mengusung Hamin-Farid di Buton meskipun berbagai rintangan yang dihadapi.

BACA JUGA: Hamin Gunakan Rekomendasi Ketum dan Wasekjen, Ini Sikap Bawaslu

“PPP tetap ke H Hamin, memang kami dengar akan membuka pendaftaran ulang di Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ungkap Rasyid Syawal, Selasa 15 November 2016.

Sebelumnya, Hamin-Farid ditolak pencalonannya oleh KPU Buton karena membawa rekomendasi dukungan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia atau PKPI yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Wakil Sekretaris Jenderal.

Namun, peluang untuk kembali maju terbuka lagi setelah KPU membuka pendaftaran ulang mulai 14-16 November 2016. Pembukaan pendaftaran ulang ini, merupakan amar putusan sengketa di Panwaslu Buton sebagai pemohon pasangan Hamin-Farid.

Rencananya, Hamin-Farid akan kembali mendaftar Rabu 16 November 2016. Namun, yang bersangkutan masih akan menggunakan SK PKPI yang diteken oleh Ketua Umum dan Wasekjen PKPI.

Oleh PPP, SK PKPI bukan urusan mereka lagi. Menurut Rasyid, SK itu biarkan menjadi pertimbangan KPU dan Bawaslu. “Itu bukan urusan kami lagi. Itu urusan Bawaslu dan KPU,” katanya.

Meski menggunakan SK PKPI yang diteken ketum dan wasekjen, Rasyid mengaku optimis bila Hamin-Farid lolos dalam pencalonan ini. Sebab, keputusan Panwaslu yang meminta pendaftaran ulang, menjadi bukti bahwa, rekomendasi yang dipegang pasangan yang diusungnya itu tidak salah.

“Buktinya sekarang sudah ada pendaftaran ulang. Panwaslu kembali menganulir keputusan KPU. Hal ini menjadi dasar kami optimis dan yakin,” ujarnya.

BACA JUGA: Berkas Paslon Hamin-Farid Ditunggu KPU Buton

Selain mengusung calon di Buton, PPP Sultra ikut mengusung pasangan di enam daerah lainnya. Di Kota Kendari mengusung pasangan Mohammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud, Kolaka Utara mendorong Nur Rahman Umar-Abbas, Bombana mengusung Kasra Jaru Munara-Man Arfa, Buton Selatan mendukung pasangan Muhammad Faisal Laimu-Wa Ode Hasniawati, Buton Tengah memback up pasangan Samahuddin-La Ntau dan Muna Barat mendorong pasangan LM Rajiun Tumada-Ahmad Lamani.

“Tujuh daerah ini, kita optimis menang,” tuturnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...