Lanud Halu Oleo Amankan 18 Kilo Gram Ganja
Lanud Haluoleo Kendari berhasil mengamankan 18 kilogram ganja kering siap edar di Bandara Haluoleo Kendari, beberapa waktu lalu (KABARKENDARI/HUMAS POLDA SULTRA)

Kabarkendari.com – Aparat Kepolisian Sektor Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, berhasil menangkap lima pengedar narkoba jenis sabu-sabu.

Mereka adalah One, Ramadan, Afandi, Ikbal, dan Arifin. Kelimanya ditangkap setelah melakukan transaksi, Sabtu 6 Agustus 2016.

Aksi jual beli barang haram itu dilakukan dengan sistem tempel atau disimpan di suatu tempat dan diambil dengan cara diam-diam.

Kepala Polsek Mandonga Komisaris Polisi Robby Topan Manusiwa menjelaskan, kelimanya ditangkap setelah dilakukan pengembangan kasus. Awalnya, aparat menangkap lelaki bernama One di Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga. Dari tangan pelaku polisi menyita 1 paket sabu-sabu berukuran sedang dengan jumlah 17 gram.

“Narkoba ini katanya dari Makassar. Dibawah oleh seseorang dan disimpan di samping Karaoke Diva. Nah, tersangka nama One ini disuruh oleh rekannya dari dalam Lapas Klas 2A Kendari untuk mengambil 17 gram narkoba itu. Namun belum sampai ke pembeli sudah kami tangkap,” ceritanya.

Tidak mau ditangkap sendiri, One kemudian ‘bernyanyi’ dan menyebut beberapa temannya bernama Ramadan, Afandi, Ikbal, dan Arifin.

Robby menambahkan, petugas kemudian kembali melakukan pengejaran dan berhasil menangkap Ramadan di Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga.

“Dari tangan Ramadan kami amankan 1 paket narkoba berukuran kecil dengan jumlah 1 gram,” tuturnya.

Setelah menangkap dua orang pelaku tadi, Robby membeberkan, pihaknya kemudian menangkap tiga lainnya sebagai penyuplai uang untuk membeli narkoba, yakni, Afandi, Ikbal, dan Arifin.

“Jumlah uangnya yang akan diberikan itu Rp 500 ribu. Rencananya akan dibelikan narkoba lagi. Kalau yang 17 gram itu sudah dibayar sebelumnya dan dibawah dari Makassar,” tukas mantan Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resort Kendari ini.

Para pelaku katanya sudah dijebloskan kedalam ruang tahanan Polsek Mandonga. Kelimanya dijerat Pasal 112 dan 114 Undang-Undang Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Penulis : Egi
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...