Kecelakaan Kerja di Morosi
Terbaring lemah, salah satu Tenaga Kerja Asing korban kecelakaan kerja di PT Virtue Dragon Nikel Industrie pada Senin 8 Agustus 2016. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com– Kecelakaan kerja di PT Virtue Dragon Nikel Industrie pada Senin 8 Agustus 2016, kini kasusnya ditangani Kepolisian Resor Konawe. Kecelakaan itu menyebabkan seorang Tenaga Kerja Asing tewas, empat lainnya cedera.

Satuan Reserse dan Kriminal saat ini tengah melakukan olah tempat kejadian perkara. Beberapa orang saksi juga telah dimintai keterangan, termasuk pekerja asing yang berada dilokasi saat kecelakaan kerja terjadi.

“Ini untuk mencari tahu apakah ada kelalaian dari pihak perusahaan atau seperti apa. Kami juga dalami apakah para TKA yang kecelakaan ini apakah kerjanya sudah sesuai standar operasional atau tidak. Nah itu intinya kami selidiki,” kata Kapolres Konawe, Ajun Komisaris Besar Polisi Jemmy Junaedi, Selasa 09 Agustus, 2016.

Menurut polisi, kecelakaan kerja itu terjadi saat lima orang pekerja berada diatas krane. Diduga, tali krane putus karena tidak mampu menahan beban lima orang pekerja.

“Mereka itulah yang mengalami kecelakaan. Dan sementara dirawat di Rumah Sakit Korem 143 Halu Oleo. Kami juga akan periksa apakah krane itu mampu menahan beban lima orang atau tidak,” kata Jemmy.

Direktur PT Virtue Dragon Nikel Internasional, Rudi Rusmadi, membenarkan adanya kecelakaan kerja tersebut. Menurutnya, kelima pekerjanya mengalami kecelakaan saat perbaikan cerobong portland.

“Tali pengait grandlandnya terlepas. Sehingga mereka terjatuh. Saya belum tahu pasti berapa ketinggiannya,” ujar Rudi kepada Kabarkendari.com, Selasa 9 Agustus 2016.

Informasi yang dihimpun kabarkendari.com, lima pekerja asing asal Tiongkok yang mengalami kecelakaan adalah Chen da Yong, Chu Saw Bo, Chen Yong Siang, Un Ming Sun dan Ing An Cin.

Penulis : Egi
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...