KLM Berkat Harapan Baru yang mengangkut ratusan kubik kayu ilegal untuk dikirim ke Pulau Jawa
KLM Berkat Harapan Baru yang mengangkut ratusan kubik kayu ilegal untuk dikirim ke Pulau Jawa. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menyita ratusan kubik kayu ilegal di Kabupaten Konawe Utara, Senin 13 Maret 2017. Kayu-kayu tersebut berada diatas kapal dan hendak dikirim ke Pulau Jawa.

Kasubdit IV Tipidter AKBP Hartono, mengungkapkan, jenis kayu adalah rimba campuran dengan jumlah sekira 200 kubik. Pemilik kayu tidak mempunyai dokumen resmi.

“Saat pengapalan terjadi, anggota dari Subdit IV Tipiter langsung melakukan penangkapan. Setelah diselidiki ternyata tidak mempunyai dokumen,” jelasnya.

Hartono membeberkan anggotanya juga menahan satu unit kapal bernama KLM Berkat Harapan Baru yang dijadikan alat pengangkut menuju Pulau Jawa.

“Dugaannya kayu-kayu ini berasal dari kawasan hutan dilindungi. Karena kapten kapalnya tidak bisa menunjukkan dari mana asal kayu tersebut. Kondisi seperti ini sudah sering ditemukan oleh anggota,” katanya.

Saat ini, kata Hartono, telah menahan pemilik kayu bernama Jamaludin. Jamaludin telah ditetapkan sebagai tersangka. Ia kini sementara menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Tipiter.

“Tersangkanya atas nama Jamaludin dia ini sebagai pemilik kayu. Saat pemeriksaan awal Jamaludin ini tidak bisa menunjukan dimana lokasi pengambilan kayunya,” tegasnya.

Tersangka dijerat pasal tentang Undang-Undang Kehutanan Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...