KPU Buton
Beberapa personil Brimob mempersiapkan peralatan pengamanan. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Kabarkendari.com – Aparat Kepolisian Resor Kabupaten Buton melakukan pengamanan khusus terhadap lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada komisioner untuk melaksanakan tahapan Pilkada di daerah tersebut.

Pengamanan juga dilakukan menyusul adanya protes yang dilakukan para pendukung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Buton H Hamin dan Farid Bachmid. Aksi protes muncul setelah KPU setempat menolak berkas pasangan tersebut karena tidak memenuhi syarat pencalonan.

“Kami menjaga dan mengamankan komisioner KPU Buton guna menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara seperti biasa. Intinya kami siap mengamankan pilkada Buton,” kata Kepala Polres Buton, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Herman.

Andi Herman menjelaskan, untuk saat ini situasi keamanan Kabupaten Buton sudah kondusif. Namun untuk mengantisipasi terjadinya masalah-masalah baru, pihaknya selalu melakukan patroli khusunya di tempat-tempat keramaian yang dianggap rawan.

BACA JUGA: Diperhadapkan Calon Tunggal, Warga Buton Ibarat Sedang Referendum

“Patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya konflik atau kejadian yang berpotensi mengganggu jalannya pilkada di Buton. Namun untuk saat ini Alhamdulilah semuanya berjalan baik dan lancar. Kami juga meminta agar masyarakat dapat menahan diri,” jelasnya.

Untuk pengamanan di Pilkada Buton, pihaknya menurunkan 500 personel, dari Polres Buton sendiri dan Kepolisian Daerah Polda Sultra yakni Satuan Brigade Mobile.

Penulis : Kamarudin
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...