Kabarkendari.com – Kepolisian Daerah atau Polda Sulawesi Tenggara dan Kepolisian Resor Kabupaten Muna diminta untuk mencari dan menangkap pelaku pembakaran rumah milik dua komisioner KPU Muna.

Permintaan itu disampaikan Ketua KPU Sulawesi Tenggara Hidayatullah, melalui selulernya, Selasa, 02 Agustus 2016.

Bagi Hidayatullah, kasus kebakaran rumah komisioner KPU Muna tersebut bukan murni terbakar melainkan kuat dugaan dibakar oknum tidak bertanggung jawab.

Menurut Hidayatullah, kasus ini diduga berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kabupaten Muna.

Selain itu, lanjut dia, terbakarnya rumah LM Armin Rambega dan Andi Arwin merupakan upaya untuk menghalangi proses pleno penetapan LM Rusman Emba dan Malik Ditu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih.

“Pasti ada kaitannya. Motifnya sudah ada, tinggal polisi yang menuntaskan kasus ini,” kata ungkapnya.

Karena itu, Hidayatullah meminta kepolisian bekerja profesional dan tidak mengedepankan isu politik dalam penyelidikan kasus ini.

Saat disampaikan bahwa saat ini kepolisian belum melakukan pemeriksaan saksi-saksi karena belum adanya laporan polisi, Hidayatullah menjelaskan, karena kasus ini bukan delik aduan maka polisi harus tetap mencari dan menangkap pelaku pembakaran.

“Ini bukan delik aduan. Ini murni pidana. Sekarang orang mana di dunia ini atau di Indonesia ini yang mau hartanya dibakar. Kan tidak ada, makanya kita meminta polisi harus bergerak tanpa adanya laporan polisi,” tegas Dayat, sapaan akrab pria ini.

Dayat menyampaikan, KPU Sulawesi Tenggara dan KPU Kabupaten Muna sangat terganggu dan terusik dengan adanya kasus pembakaran tersebut, meskipun ia dan seluruh anggota KPU Kabupaten Muna terlihat diam-diam saja.

“Kita terancam dengan kasus ini. Jangan karena kita diam-diam saja lantas polisi tidak bekerja. Tapi saya yakin polisi akan menuntaskan kasus ini. Makanya sembari menunggu penuntaskan kasus tersebut, saya juga sudah meminta kepada Kapolda Sulawesi Tenggara untuk melakukan pengamanan khusus kepada seluruh komisioner KPU Kabupaten Muna,” pungkasnya.

Penulis : Egi
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...