Beberapa unit alat berat milik PT BBSM yang disita kepolisian.
Beberapa unit alat berat milik PT BBSM yang disita kepolisian. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, menjadwalkan pemeriksaan Direkturt Utama PT Bososi, Andi Uci dan Dirut PT Bumi Bintang Selatan Mineral, Sulkifli.

Andi Uci dan Sulkifli telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penambangan diluar Izin Usaha Pertambangan (IUP), di Kecamatan Lasolo, Desa Morombo, Kabupaten Konawe Utara.

Kasubbid PID Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh menjelaskan, pemeriksaan terhadap keduanya kemungkinan dilakukan pekan depan. Saat ini penyidik masih menuntaskan pemeriksaan saksi-saksi.

“Saksi-saksinya dari pegawai PT BBSM, sopir alat berat dan kepala teknik tambangnya. Sampai saat ini 15 orang telah diperiksa sebagai saksi,” kata Dolfi.

Apakah Andi Uci dan Sulkifli tidak dipantau kepolisian? Menjawab hal ini, Dolfi mengatakan, sejauh ini Andi Uci dan Dulkifli bersifat koperatif dan selalu menerima konfirmasi penyidik.

Andi Uci dan Sulkifli menurut penyidik mempunyai peran berbeda. Sulkifli ditetapkan tersangka karena memimpin perusahaan dan melakukan penambangan diluar IUP. Sedang Andi Uci ditetapkan tersangka karena memberikan perintah kerja kepada Sulkifli, yang belakangan menambang tidak sesuai izin.

Atas perbuatan ini, keduanya dijerat Pasal 158 Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara. Andi Uci dan Sulkifli juga diancam pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda Rp 10 milyar.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...