pembangunan jeti ilegal
Ilustrasi. (INT)

Kabarkendari.com – Akhirnya Zhu Mingdong dan Lina Suti bisa bernapas lega. Keduanya dinyatakan tidak bersalah dan status tersangka dicabut oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara. Kasus ditutup alias SP3.

Zhu Mingdong merupakan Direktur Utama PT Virtue Dragon Nikel Industri, sementara Lina Suti adalah Direktur Pelabuhan Muara Sampara.

Polda Sultra mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan tindak pidana pelayaran pada pembangunan pelabuhan khusus atau Jetty PT VDNI, di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

Zhu Mingdong dan Lina Suti kini tidak lagi diproses hukum dan kasusnya ditutup secara resmi. SP3 kasus ini dilakukan pasca gelar perkara di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) pekan kemarin.

“Sudah di SP3. Hal ini karena bukti/bukti yang kami kumpulkan dianggap kurang untuk penetapan tersangka beberapa waktu lalu,” kata Kasubbid PID Polda Sultra, Komisaris Polisi Dolfi Kumaseh, Selasa 17 Januari 2017.

“Jaksa bilang kasus ini masuk dalam Undang-Undang Kelautan, sementara hasil penyelidikan dan penyidikan kami kasus ini masuk Undang-Undang Pelayaran. Namun karena selalu dinyatakan tidak lengkap kami memutuskan untuk SP3,” jelasnya.

Perkara kasus ini cukup menyita waktu. Diselidiki sejak 2014 kemudian penetapan tersangka masuk 2015 awal. Namun setahun berjalan, kasus ini hanya bolak balik di Polda dan Kejati.

Hingga akhirnya awal 2017 ini Polda mengambil langkah SP3. Tidak diketahui mengapa ada perbedaan pendangan penyidikan antara polisi dan kejaksaan.

“Kami dipaksa masukan Undang-Undang Kelautan yang ancaman hukumannya diatas lima tahun. Tetapi kami anggap ini adalah kriminalisasi oleh pihak berperkara. Makanya kami menolak sampai akhirnya SP3,” jelas Dolfi.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...