Pembunuhan UHO
Kapolda SULTRA Brigjen Pol. Agung Sabar Santoso. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Kabarkendari.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara Brigadir Jenderal Polisi Agung Sabar Santoso mengharapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017 nanti, yang diselenggarakan pada tujuh kabupaten/kota di daerah ini bisa berjalan damai dan aman.

Harapan Kapolda Sultra tersebut disampaikan wakilnya, Komisaris Besar Polisi Heru Teguh Prayitno,
pada “Deklarasi Damai Partai Politik Pengusung Pasangan Calon Pada Pilkada Serentak 2017” yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis 06 Oktober 2016.

Menurut Heru Teguh, Kapolda sangat berharap agar Pilkada serentak di Sultra tidak menimbulkan riak yang berpotensi terganggunya stabilitas keamanan daerah.

“Untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada pilkada nanti, kepolisian membutuhkan bantuan seluruh stakecholder, baik pimpinan partai, pasangan calon, TNI dan seluruh unsur lainnya untuk bersama-sama menjaga keamanan pilkada ini,” kata Heru Teguh Prayitno.

Dijelaskan, terdapat potensi kerawanan yang butuh antisipasi bagi semua unsur yang akan bersentuhan langsung dengan Pilkada 2017. Potensi kerawanan tersebut yakni integritas pasangan calon, adanya keberpihakan birokrasi, konflik internal parpol, isu sara, saling tuding melalui media sosial, dan rasa tidak ingin kalah.

Olehnya itu katanya, agar tidak mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat, diharapkan potensi kerawanan itu dapat ditekan.

“Setelah kami deteksi ada beberapa kerawanan dalam pilkada ini. Semoga ini bisa kita antisipasi dengan baik,” jelasnya.

Penulis : Kamarudin
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...