Kapolda Sultra
Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, Brigadir Jenderal Polisi Agung Sabar Santoso. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Dalam upayanya menciptakan keamanan dan ketertiban saat perayaan Hari Natal 2016 dan tahun baru 2017, Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menggerakan 1500 personil untuk 17 kabupaten dan kota.

Jumlah tersebut akan dibagi menjadi beberapa regu dan setiap regunya disiapkan untuk menjaga satu gereja.

Kepala Biro Operasional Polda Sultra, Komisaris Besar Polisi Bahri, mengatakan setiap regu itu diberi tugas khusus untuk menjaga gereja yang akan menggelar kebaktian Natal.

Tekhnisnya, kata Bahri, ada beberapa regu yang menjalankan pengamanan dan ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan gereja maupun penjagaan.

“Hampir sama dengan pengamanan tahun-tahun sebelumnya. Hanya memang ada tambahan. Untuk regu yang menjaga gereja ini kita juga bagi menjadi dua kerja yakni patroli dan pengamanan di posko yang berada di gereja. Ada beberapa gereja yang memang kami siapkan posko gunadilakukan pengamanan,” kata Bahri usai mengikuti upacara gelar pasukan di SSDC MTQ Kendari.

1500 personil polisi masih akan dibantu oleh TNI dan unsur pemerintah. Sementara untuk jumlah posko dijelaskan Bahri, hasil rapat internal kepolisian disepakati posko akan dibangun sebanyak 50 posko di seluruh daerah.

“Kalau Kota Kendari ada 20 gereja, tapi poskonya hanya enam. Akan tetapi regu yang disiapkan untuk pengamanan kami siapkan untuk semua gereja,”katnya lagi.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A Ishaq

Facebook Comments
loading...