Ilustrasi Ilegal Loging
Ilustrasi. (KABARKENDARI/UNSPLASH)

Kabarkendari.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara, mengamankan 403 batang kayu gelondongan berdiameter 2 meter. Kayu-kayu ini diduga hasil ilegal loging yang dilakukan di Kabupaten Buton, Sultra.

Kepala Sub Bidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Polda Sultra, Komisaris Polisi Dolfi Kumaseh, mengungkapkan, kayu-kayu tersebut diamankan di Kecamatan Sampolawa, Minggu 18 September 2016.

Anggota Tipiter, kata Dolfi, mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa baru saja ratusan batang kayu dikeluarkan dari hutan. Anggota kepolisian pun langsung menuju Kecamatan Sampolawa, melakukan penyelidikan.

Terbukti, ratusan batang kayu tersebut tertumpuk di rumah La Irai yang ditengarai sebagai pemilik kayu. Setelah diselidiki, rupanya La Irai adalah pengusaha kayu, namun 403 batang kayu yang dilaporkan kepada polisi tidak mempunyai dokumen resmi.

“Patut kita duga bahwa kayu-kayu itu ilegal. Untuk La Irai kami bawa ke Polda Sultra untuk dilakukan penyelidikan,” katanya.

Setelah melakukan penyelidikan, Dolfi mengungkapkan, pihaknya mendapatkan bukti-bukti yang menyatakan La Irai terbukti melakukan tindak pidana ilegal loging.

Saat ini pengusaha kayu Kabupaten Buton ini, sudah ditetapkan tersangka dan dijerat Pasal 78 Undang-Undang RI nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dan Pasal 83 Undang-Undang RI nomor 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

“Tersangka diancam lima tahun hukuman penjara. Saat ini kami sementara buatkan berkasnya dan akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi lain,” tegasnya.

Penulis : Kamarudin
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...