Muhammad Endang Demokrat kendari
Ketua DPD Partai Demokrat Sultra Muhammad Endang (KABARKENDARI/Pandi)

Kabarkendari.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara mulai menyelidiki kasus dugaan penghinaan melalui media sosial atau kasus pelanggaran UU Informasi Transaksi dan Elektronik (ITE) terhadap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sultra, Muh Endang SA.

Hingga saat ini, Polda Sultra baru memeriksa pelapor dalam hal ini Muh Endang SA. Sementara terlapor dalam hal ini pemilik akun facebook Pipink Saranani, yang dianggap menghina Endang di facebook belum diperiksa.

Kepala Sub Bidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Polda Sultra, Komisaris Polisi Dolfi Kumaseh, mengatakan, laporan Endang masih diselidiki oleh penyidik Sub Direktorat II Ekonomi Khusus, Direktorat Reserse Kriminal Khusus.

Menurutnya, penyidik masih akan merampungkan berkas berita acara (BAP) pelapor untuk sementara waktu. Setelah itu penyidik akan melakukan pengumpulan barang bukti untuk kasus itu.

“Secepatnya kalau sudah tuntas BAP dari pelapor penyidik akan melakukan pemeriksaan terhadap terlapor dalam hal ini Pipink Saranani secepatnya,” kata Dolfi, di ruang kerjanya, Jumat 07 Oktober 2016.

Perwira polisi ini menjelaskan, Polda Sultra belum bisa menyimpulkan apakah perkataan Pipink Saranani memenuhi unsur pidana dalam Undang-Undang ITE. Menurutnya, kata-kata melalui media sosial facebook masih akan didalami kembali oleh saksi ahli yakni ahli bahasa dan ITE.

Walau secara kasat mata Pipink Saranani diduga melakukan penghinaan terhadap Endang, namun polisi masih harus melakukan penyelidikan dan membuktikan hal itu.

“Kita tidak bisa langsung simpulkan. Kasus seperti ini sudah pernah ditangani kala itu kasus yang menjerat pemilik akun Tie Saranani yang menghina komisioner Panwas Bombana. Mekanismenya pasti sama sampai ada penetapan tersangka,” jelasnya lagi.

Penulis : Kamarudin
Editor  : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...