Kepala Biro Pemerintahan Sultra La Ode Ali Akbar
Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara La Ode Ali Akbar. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Biro Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengga telah menjadwalkan pelantikan Penjabat Bupati Bombana Sitti Saleha pada Senin 29 Agustus 2016.

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sultra La Ode Ali Akbar melalui telepon selulernya mengatakan, surat keputusan Menteri Dalam Negeri atau Mendagri tentang penunjukan Sitti Saleha sebagai Pj Bupati Bombana sudah keluar beberapa pekan lalu.

“Sekarang kita tinggal persiapkan pelantikannya pada Senin ini,” ungkap Ali Akbar melalui telepon selulernya, Jumat 26 Agustus 2016.

Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bombana, Tafdil-Masyura Ila Ladamay sudah berakhir sejak 25 Agustus 2016. Dalam kurun waktu tiga hari ke depan, kata dia, tugas-tugas pemerintahan akan diambil alih Sekda Bombana Burhanuddin S Noy.

Sebelumnya, Pemprov Sultra mengusulkan tiga nama untuk menjadi Pj Bupati, yakni, Sitti Saleha Kadis Perindag Sultra, Damsid Kadis Dikbud Sultra dan Safruddin Sekretaris KPU Sultra. Namun, dari penilaian Mendagri, Sitti Saleha yang layak untuk memimpin Bombana hingga ada Bupati defenitifnya.

Ali memastikan, Sitti Saleha akan dilantik oleh Gubernur Sultra Nur Alam. Menurutnya, meskipun Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah menetapkan Nur Alam sebagai tersangka dalam dugaan korupsi pertambangan, Nur Alam masih tetap gubernur.

“Beliau masih gubernur. Siapa bilang dia bukan lagi gubernur,” tekannya.

Sedangkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna LM Rusman Emba-Malik Ditu, Ali Akbar belum bisa menjaminnya akan dilaksanakan pada 29 Agustus sesuai rencana semula. Dirinya baru akan ke Mendagri untuk mengambil SK-nya.

“Kalau sudah ada saya konsultasikan dulu dengan gubernur. Saya belum bisa jamin akan dilantik bersamaan dengan Bombana. Kita tunggu saja,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Nur Alam sudah memastikan bahwa pelantikan LM Rusman Emba dan Malik Ditu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muna akan dilaksanakan pada Senin 29 Agustus 2016. Bahkan, pihak protokoler sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk pelantikan tersebut.

Penulis : Pandi
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...