PPDP Kota Kendari
Acara pelepasan PPDP untuk Pilwali Kendari di Taman Kota, 8 september 2016. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Kendari menurunkan 1.054 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau PPDP untuk Pilwali Kendari. Pada Kamis 8 September 2016, di Taman Kota, PPDP resmi dilepas. Mereka akan menjadi ujung tombak bagi KPU dalam pemutakhiran data pemilih.

“KPU Kota Kendari sudah mengangkat PPDP dan mereka telah siap melaksanakan tugas mencoklit atau pencocokan dan penelitian daftar pemilih untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari,” terang Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu.

Pria yang akrab disapa Teo ini mengatakan, 1.054 PPDP itu akan bekerja selama satu bulan mulai hari ini, 8 September sampai 7 Oktober 2016.

Teo menyebut, PPDP ditugaskan mendatangi setiap Ketua RT, RW dan masyarakat secara dor to dor untuk memastikan bahwa wajib pilih sudah terdaftar atau belum.

“Jika mereka belum terdaftar, bisa langsung didaftarkan sepanjang memiliki KTP, kartu keluarga, dan keterangan domisili. Mereka layak didata sebagai pemilih per TPS atau model A-KWK,” tuturnya.

Dengan demikian, sambung Teo, bagi masyarakat Kota Kendari yang tidak masuk dalam daftar A-KWK, PPDP bisa langsung mendaftarkan pemilih tersebut, asal memiliki KTP, kartu keluarga dan keterangan domisili yang dikeluarkan Pemerintah Kota Kendari.

“Dia hanya boleh didaftar dimana dia beralamat dalam KTP itu,” katanya.

Teo menjelaskan, bagi warga Kota Kendari yang tidak memiliki KTP, kartu keluarga atau keterangan domisili maka tidak bisa didaftar sebagai pemilih. Hal itu, sesuai dengan Peraturan KPU-RI

“Kepada warga Kota Kendari agar mulai hari ini bisa menerima petugas kami untuk dimutakhirkan dan dicocokkan datanya dalam daftar pemilih,” imbuhnya.

Penulis : La Ode Kasman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...