Kasus PT PLM
Petinggi PT PLM, Fahlawi Mujur Saleh, berjalan menuju ruangan pemeriksaan didampingi seorang jaksa di belakangnya. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Kepala Biro Administrasi Keuangan PT Panca Logam Makmur (PLM) Fahlawi Mujur sudah menjadi tersangka dalam kasus dugaan manipulasi data produksi emas PT PLM antara tahun 2010 hingga 2012.

Bahkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara sudah mengamankan petinggi PT PLM tersebut di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Kendari untuk kepentingan proses penyidikan lebih lanjut.

Humas Kejati Sultra, Janes Mamangkei, Rabu 28 September 2016, menyampaikan, dalam kasus ini, Fahlawi Mujur Saleh terancam puluhan tahun penjara. Dia dijerat Undang-Undang Nomor 30 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi serta Undang-Undang nomor 20 tahun 2001. Masa hukumannya adalah 20 tahun penjara dan paling lama seumur hidup.

“Dia (Fahlawi Mujur,red) sudah ditetapkan tersangka, dijerat Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 undang-undang korupsi. Ancaman hukuman 20 tahun penjara,” kata Janes Mamangkei.

Menurutnya, saat ini masih dilanjutkan pemeriksaan untuk merampungkan berkas perkara supaya secepatnya disidangkan di Pengadilan Negeri Baubau.

“Masih dirampungkan masih akan diperiksa lanjutan lagi. Belum tahu jadwalnya kapan. Yang jelasnya yang bersangkutan sudah ditahan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, setelah dua kali mangkir dari panggilan penyidik Kejati Sultra, Fahlawi Mujur Saleh memenuhi panggilan jaksa pada Selasa 27 September 2016, ditemani kuasa hukumnya dari Surabaya. Usai menjalani pemeriksaan, hari itu juga Fahlawi langsung ditahan di Rutan Kelas IIA Kendari.

Penulis : Kamarudin
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...