Tugu UHO Kendari
Tugu UHO. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Hari pertama penyelenggaraan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIII 2016 di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara sudah menuai protes dari para peserta lomba. Salah satu masalah yang paling disorot beberapa peserta adalah minimnya layanan transpotasi.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat UHO Kendari, Maulid, mengakui adanya keterbatasan pihak panitia dalam hal penyediaan kendaraan untuk mengangkut peserta dari penginapan ke lokasi lomba, begitu pula sebaliknya. Panitia hanya menyediakan lima bus untuk 32 provinsi. Sementara jumlah peserta dan pendamping lebih dari 1.000 orang.

Panitia berdalih, kurangnya sarana transportasi bukan sepenuhnya kesalahan panitia lokal. Pasalnya, panitia nasional tidak menyediakan anggaran transportasi yang memadai.

“Bus hanya lima yang disediakan, karena memang keterbatasan anggaran yang tidak dianggarkan pusat. Sehingga sesuai kemampuan UHO saja. Sementara, peserta maunya dilayani maksimal,” kata Maulid yang bertindak selaku koordinator transportasi.

BACA JUGA: Peksiminas UHO Dibuka Malam Ini, 32 Provinsi Siap Bertanding

Pada hari pertama pelaksaanaan Peksiminas UHO, hanya tiga bidang seni yang diperlombakan yakni vokal grup dilaksanakan di Aula FISIP, baca puisi di Aula Faperta, dan tari di Auditorium Mokodompit.

“Hanya tiga tangkai kegiatan yang dilombakan hari ini. Fokus perlombaan besok, karena hari ini juga masih diadakan technical meeting. Itupun lomba dilksanakan sore hari, sebab pagi hari masih hunting bahan yang akan dilombakan,” tandasnya.

Adapun tangkai lomba pada Peksiminas XIII 2016 UHO yakni yang diperyandingkan yakni tari, baca puisi, monolog, vokal grup, nyanyi tunggal putra/putri, nyanyi tinggal dangdut putra/putri, nyanyi tunggal keroncong putra/putri, nyanyi tunggal seriosa Putra/Putri, penulisan puisi, penulisan lakon, lukis, komik strip, fotografi, dan group band (eksebisi).

Penulis: La Ode Kasman
Editor : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...