pelantikan sitti saleha
Suasana jelang pelantikan Sitti Saleha sebagai Penjabat Bupati Bombana. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Mantan Bupati Bombana, Atikurahman berharap Sitti Saleha selaku Penjabat atau Pj Bupati Bombana yang baru dilantik hari ini bisa mengeluarkan kebijakan yang memihak kepada kepentingan rakyat.

Menurut dia, berbekal pengalaman di pemerintahan selama ini, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, Saleha bisa membangun Bombana dengan kebijakan yang langsung dirasakan masyarakat. Sebab, menurut Atiku, pembangunan itu bukan untuk kepentingan presiden, menteri, gubernur dan bupati tapi untuk kepentingan rakyat.

“Ibu Saleha bisa membangun di Bombana, karena dia sudah punya karir pemerintahan yang bagus,” kata Atikurahman saat ditemui saat menghadiri pelantikan Pj Bupati Bombana di Aula Pola Bahteramas Kantor Sekretariat Provinsi Sulta, Rabu 31 Agustus 2016.

Dia menjelaskan, masalah yang perlu dibenahi di Bombana saat ini adalah pengalokasian anggaran yang tidak proporsional terhadap peningkatan produksi. Karena, jika suatu daerah tidak memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi, mustahil daerah itu akan maju.

“Seperti produksi perikanan, pertanian, peternakan. Itu harus dialokasikan dananya secara proporsional kalau tidak bagaimana daerah itu bisa berkembang. Makanya Bombana dinobatkan sebagai daerah tertinggal, terpuruk,” ujarnya.

Atiku mengungkapkan, kategori daerah tertinggal yang disematkan kepada Kabupaten Bombana terjadi setelah dirinya tidak lagi menjabat bupati, yakni pada dua tahun lalu. Sehingga, Atiku menyarankan Saleha memprioritaskan pengalokasian dana ke pertanian, karena tambang tidak bisa lagi diharapkan.

“Tambang masih perlu dibenahi. Meski ada beberapa tambang tapi tidak digarap dengan baik,” pungkas Atiku.

Penulis : La Ode Kasman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...