ISO
International Organization for Standardization. (INT)

Kabarkendari.com – Pertama kali di Sulawesi Tenggara, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan, berhasil meraih penghargaan dan sertifikat International Organization for Standardization (ISO) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Konsel, Iksan, kepada kabarkendari.com, Selasa 20 September 2016. Iksan menyatakan, pihaknya kaget dengan penghargaan itu.

“Kita juga kaget, dari sepuluh daerah di Indonesia yang meraih penghargaan ISO, salah satunya adalah Disdukcapil Konsel sendiri. Makanya kami bangga sekali dengan hal ini,” kata Iksan saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Iksan, ada beberapa kriteria untuk meraih sertifikat ISO, diantaranya, penerapan sistem manajemen terpadu, pelayanan yang sesuai standar operasional prosedur (SOP), dan kantor Disdukcapil Konsel yang sudah berjalan dengan baik.

“Tidak main-main loh ini, soalnya penghargaan ini dinilai langsung oleh kementrian, ombudsman, dan Biro Pemerintahan Sultra. Memang kami di sini soal pelayanan selalu mengedepankan kerja yang selalu sesuai standar,” katanya.

Iksan berharap, dengan raihan ini, seluruh pegawai dan staf Disdukcapil Konsel dapat termotivasi lagi dalam meningkatkan pelayanan kepengurusan terkait kependudukan.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih itu, tidak terlepas dari berbagai upaya yang telah dilakukan hingga saat ini, baik pembenahan internal maupun eksternal Disdukcapil Konsel.

“Pastinya kita terus meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Karena tujuan utama kita adalah melayani masyarakat dengan baik, profesional, bersih, dan cepat, serta tertib administrasi,” ujarnya.

Penulis : Kamarudin
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...