Rektor UHO 2016
Puluhan mahasiswa melaksanakan aksi demontrasi di depan Gedung Rektorat Universitas Halu Oleo Kendari, Kamis 3 November 2016. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Hingga saat ini belum ada kepastian jadwal baru pemilihan rektor (Pilrek) Universitas Halu Oleo Kendari. Panitia berharap agar masalah pilrek tidak berlarut-larut dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Kemristekdikti segera memberikan jadwal permanen tanpa ada penghentian lagi.

“Kita berdoa dan mencari cara supaya jangan berlarut-larut. Kalau stop, ya stop, jangan jalan berhenti, jalan berhenti. Itu kan membuat lembaga besar UHO bisa tidak dipercaya masyarakat,” ujar Ketua Pantia Pilrek UHO Kendari, Profesor Hilaluddin Hanafi.

“Jangan setelah membuat keputusan berhenti jalan, berhenti jalan. Kalau begini terus akan ada dampak-dampak yang tidak enak, pasti orang beranggapan pilrek dipermainkan, macam-macam anggapan negatif,” kata Wakil Rektor UHO Kendari ini.

Profesor Hilal menambahkan, Kemristekdikti harus memikirkan faktor-faktor psikologis di UHO. Sehingga, ia meminta Kemristekdikti agar segera menuntaskan terlebih dahulu semua masalah supaya Pilrek tidak terkatung-katung.

BACA JUGA: Prof Hilaluddin: Menristek Ingin Masalah Pilrek UHO Klir

Dia mengaku, belum bisa memastikan ada tidaknya pengurangan anggota senat karena akan ditentukan setelah Inspektorat Kemristekdikti melakukan verifikasi. Dan sampai hari ini, kata Profesor Hilal, inspektorat masih melakukan verifikasi dengan cara meminta klarifikasi dari berbagai pihak di UHO.

“Tahapan pemilihan rektor kemungkinan akan ditentukan setelah inspektorat kembali ke Jakarta dan melaporkan hasilnya kepada Menristekdikti. Apapun keputusannya kita akan ikuti,” tandasnya.

Menurut Profesor Hilal, kedatangan inspektorat di UHO agar Menristekdikti melihat langsung masalah yang terjadi dalam tahapan pilrek. Hal itu dilakukan agar Pilrek berjalan dengan baik.

“Saat ini saya masih di Jakarta akan menghadap langsung pak menteri untuk menyampaikan kondisi riil sekaligus menyampaikan surat yang sudah kita buat kemarin. Kita dari panitia netral-netral saja, apa yang diinstruksikan kita lakukan dan ada permaslahan kita sampaikan,” tuntas Profesor Hilal

Penulis: La Ode Kasman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...