bumdes konawe
65 orang pengurus Bumdes Kabupaten Konawe, Sultra mengikuti bimbingan teknis peningkatan kapasitas yang dilaksanakan mulai dari 21 hingga 24 Desember 2016. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Sebanyak 65 orang pengurus Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara mengikuti bimbingan teknis peningkatan kapasitas.

Kegiatan yang berlangsung pada salah satu hotel ternama di Kota Kendari ini terlaksana atas kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Konawe dengan Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah (PKPD). Bimtek dilaksanakan mulai dari 21 hingga 24 Desember 2016.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe, Joko Rusianto mengatakan, tujuan terbentuknya Bumdes yakni untuk memperkuat perekonomian desa.

Bumdes, jelas dia, dikelolah masyarakat bersama pemerintah desa. Bumdes, sebut Joko, dibangun atas inisiatif masyarakat yang menganut asas mandiri dengan modal usaha yang bersumber dari masyarakat.

“Perlu juga diingat, bahwa sebelum mendirikan Bumdes tidak boleh hanya berdasarkan keinginan dari kepala desa atau karena hanya ingin membagi anggaran di desa supaya tersalur semua, tapi ini untuk menambah pendapatan asli desa,” terang Joko.

Masih kata dia, harapan besar dengan terbentuknya Bumdes dapat menambah pendapatan asli desa melalui hasil usaha Bumdes, sehingga tidak lagi hanya tergantung dari dana bantuan keuangan saja. Tapi desa mampu mengatur dan merencanakan anggaran sesuai kebutuhan dan prioritas desa.

Joko berharap, peserta Bimtek dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga ilmu, pengalaman dan kemampuan bisa diterapkan di desa.

“Saya mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang ikut membantu mendorong suksesnya program pembangunan di Pemerintahan Kabupaten Konawe,” katanya.

Di tempat yang sama, Manjer PKPD Olivia Panggaibali mengubgkapkan dari 65 peserta yang ikut tersebut berasal dari empat kecamatan yakni Pandangguni, Routa, Pondidaha dan Wonggeduku.

“Empat kecamatan ini sudah yang terakhir mengikuti bimtek. Kecamatanlain sudah selesai, kan ini sudah gelombang ketiga,” tuntasnya.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A Ishaq

Facebook Comments
loading...