Prof La Rianda
Prof La Rianda. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Pengadilan Tata Usaha Negara atau PTUN Kendari memerintahkan Rektor Universitas Halu Oleo untuk mengembalikan jabatan Profesor La Rianda sebagai Wakil Rektor I.

“Diperintahkan kepada Rektor untuk menunda pelaksanaan dan tindaklanjut keputusan Rektor tentang pemberhentian atau penonaktifan saya sebagai WR I UHO. Artinya saya selaku WR 1 UHO harus dikembalikan dulu meskipun kasus PTUN tetap berjalan,” kata La Rianda, Selasa 7 Maret 2017.

La Rianda diberhentikan dari jabatannya sebagai Wakil Rektor I pada tanggal 21 November 2016 oleh Rektor UHO saat itu, Profesor Usman Rianse. Keputusan itu diambalil Usman Rianse dua hari sebelum masa jabatannya berakhir.

Tindakan Usman Rianse dinilai arogan karena langsung menghakimi secara sepihak kemudian menjatuhkan hukuman dalam bentuk pembebasan dari jabatan. Pasalnya tak sekalipun La Rianda dimintai pertanggungjawaban terkait jabatannya.

“Saya selaku pihak yang dikorbankan tidak pernah dipanggil secara tertulis dan tidak pernah diperiksa terkait dengan substansi yang dituduhkan kepada saya sebagaimana yang termuat dalam diktum surat keputusan penonaktifan saya. Secara substansif materi yang dituduhkan sangat tendensius dan banyak mengandung fitnah,” sesal La Rianda.

Dalam amar putusan itu, hakim juga mengabulkan seluruh gugatan La Rianda. Termasuk menyatakan batal dan mencabut SK rektor tentang pemberhentiannya sebagai WR 1 UHO dan merehabilitasi harkat dan martabatnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...