pencari kerja di kendari
Ilustrasi. (INT)

Kabarkendari.com – Angka pencari kerja di Kota Kendari terus mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. Dari Januari sampai awal September 2016 sudah mencapai 2.092 orang, sedang pada tahun 2015 hanya mencapai 930 orang.

Kepala Seksi Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kendari, M Ikhwan Saranani mengatakan, berdasarkan pengurusan kartu pencari kerja yang masuk, angka tertinggi terjadi pada Maret sampai April 2016.

Melonjaknya angka pencari kerja pada tahun ini, kata dia, akibat perekrutan karyawan sejumlah perusahaan, seperti perusahaan tambang di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dan perusahaan tambang di Sulawesi Tengah.

“Yang ramai itu pada saat pembukaan tambang di Morosi dan Sulawesi Tengah. Puncaknya terjadi pada Maret dan April,” kata Ikhwan di ruang kerjanya, Senin 5 September 2016.

Dia menuturkan, bila dibandingkan dengan tahun lalu, angka pencari kerja tahun 2016 ini cukup besar. Dimana tahun lalu hanya berjumlah 930 orang, terdiri dari 442 sarjana, 360 orang tamatan SMA dan sederajat, magister tiga orang, dan D-III berjumlah 125 orang.

“Kami juga belum tahu sudah berapa yang bekerja, karena seharusnya setelah mendapat pekerjaan datang melapor tapi sampai sekarang belum ada satu orang pun yang melapor ke kami,” tandasnya.

Dengan demikian, Ikhwan berharap, mereka yang telah mengurus kartu pencari kerja agar kembali melapor ketika sudah mendapatkan pekerjaan.

Dia membeberkan, tidak adanya laporan dari para pencari kerja tersebut tidak hanya terjadi pada tahun ini, melainkan sejak beberapa tahun sebelumnya.

Penulis : La Ode Kasman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...