Pemusnahan Narkoba dan Kosmetik Ilegal di Kendari
Sejumlah Narkoba dan Kosmetik ilegal yang akan dimusnahkan oleh Kejari Kendari. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Kejaksaan Negeri atau Kejari Kendari, Sulawesi Tenggara,  Jumat 12 Agustus 2016, memusnahkan ratusan gram barang bukti narkoba hasil tangkapan kepolisian.

Ada beberapa jenis narkoba yang dimusnakan, diantaranya pil ekstasi, serbuk sabu-sabu, dan ganja. Selain itu, ratusan paket kosmetik ilegal berbagai merek turut dimusnahkan.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Kendari, La Haja, mengatakan, barang bukti narkoba tersebut merupakan hasil sitaan dari para terpidana kasus narkotika dalam kurun waktu 2015-2016. Barang bukti itu juga telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

La Haja menambahkan, pemusnahan barang bukti narkotika berbagai jenis ini akan dilakukan secara rutin oleh Kejaksaan Kendari setiap tahunnya.

“Agar barang bukti tidak terkumpul banyak dan mencegah kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jika terlalu lama disimpan,” kata La Haja, seraya menambahkan, barang bukti hasil sitaan tak diperlukan lagi, baik dalam penyidikan maupun penuntutan sebab hal itu dapat membahayakan masyarakat.

Pemusnahan itu dilakukan atas kerja sama dengan pihak RSUD Kota Kendari, di halaman RSUD Kota Kendari. “Karena baru RSUD Kota Kendari  yang memiliki mesin incinerator di Kendari. Dengan menggunakan incinerator maka barang-barang yang dimusnahkan hancur lebur, tidak ada yang tersisa,” kata La Haja.

Penulis : Egi
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...