nasir andi baso
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Sultra, Nasir Andi Baso. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara tudingan adanya program siluman pada nomenklatur rencana perubahan APBD Sultra 2016.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Sultra, Nasir Andi Baso mengatakan, seluruh program yang diusulkan itu dapat dipertanggungjawabkan. Andi Baso memastikan tidak ada program siluman seperti yang disebut anggota DPRD, Taufan Alam.

BACA JUGA: Taufan Besi : Banyak Usulan Anggaran SKPD Tak Masuk Akal

“Ah tidak ada itu yang siluman. Semua sesuai rencana dan sekarang masih dalam tahapan pembahasan,” katanya, Rabu 5 Oktober 2016.

Andi Baso menilai, wajar jika anggota dewan bersikap kritis terhadap segala usulan yang diajukan Pemprov. Sebagai perwakilan pemerintah pihaknya pun siap menjawab setiap kritikan.

“Kita akan jelaskan. Sebenarnya, kita sudah sampaikan sejak kemarin, tapi mungkin ditanyakan lagi,” paparnya.

Menurutnya perencanaan APBD-P Sultra 2016 ini, ikut diawasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK. Sehingga, tidak mungkin Pemprov Sultra mengusulkan program yang tidak jelas.

“Kita usulkan itu karena bisa mempertanggungjawabkan. Kita juga diawasi oleh BPK. Tidak ada yang salah,” paparnya.

Soal adanya anggaran yang dialokasikan setelah kegiatan selesai, Nasir meluruskan bahwa usulan anggaran Rp 600 juta dari Dinas Pemuda dan Olahraga. Usulan tersebut, kata Andi Baso, merupakan bentuk apresiasi atas kerja putra putri daerah yang menjalankan tugas mengerek bendera pada HUT RI kemarin.

“Kita ingin memberikan semacam penghargaan kepada mereka. Kita ingin mereka juga belajar diluar daerah,” ujarnya.

BACA JUGA: Diduga Ada Anggaran Siluman dalam APBDP Sultra 2016

Sama halnya dengan usulan anggaran di Satuan Polisi Pamong Praja sebesar Rp 5 miliar. Menurutnya, anggaran itu cukup rasional dan tinggal dibahas dengan dewan.

Pembahasan APBDP Sultra 2016 masih berlangsung dalam rapat gabungan komisi antara DPRD Sultra dan tim anggaran pemerintah daerah atau TAPD Pemprov Sultra.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...